Rabu 14 Jun 2023 03:43 WIB

Prancis Pernah Minta Perlindungan Ottoman dari Romawi, Ini Sejarahnya

Prancis mengalami kekalahan yang memalukan dalam Pertempuran Pavia.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Pasukan Ottoman di Andalusia. Prancis Pernah Minta Perlindungan Ottoman dari Romawi, Ini Sejarahnya
Foto: wikipedia
Pasukan Ottoman di Andalusia. Prancis Pernah Minta Perlindungan Ottoman dari Romawi, Ini Sejarahnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ini berawal dari Pertempuran Pavia, yang terjadi antara Prancis dan Spanyol pada tahun 1525, untuk menguasai semenanjung Italia. Perang tersebut meletus antara 1494 dan 1559.

Pertempuran itu menjadi kesempatan bagi Kesultanan Turki Utsmani (Ottoman) untuk menjejakkan kekuasaannya di Prancis setelah Perang Dunia II. Terlebih dengan kalahnya Raja Prancis Francois I dalam pertempuran tersebut yang membuat dirinya ditawan.

Baca Juga

Dalam kondisi demikian, Prancis tidak menemukan alternatif selain bersekutu dengan Sultan Suleiman yang Agung untuk melindungi Prancis dari kekuatan tetangga Spanyol dan Italia.

Dalam sejarahnya, dikutip dari Arabic Post, pemilihan Charles I dari Spanyol sebagai Kaisar Romawi Suci atas Raja Francois I dari Prancis, setelah kematian Kaisar Maximilian I pada tahun 1519, merupakan penyebab langsung dari Pertempuran Pavia.

Pemilihan ini menimbulkan ancaman bagi Prancis, karena Prancis dikelilingi oleh tanah Habsburg di utara, timur dan selatan oleh tanah Habsburg. Namun, pada 1521 Inggris tidak berhasil menengahi konflik tersebut dan Prancis mulai mempersiapkan diri untuk perang.

Tentara Prancis awalnya melancarkan dua serangan terhadap Habsburg di wilayah kerajaan, tetapi mereka gagal mencapai tujuan. Pada 1523, Inggris menginvasi Prancis, saat Duke Charles de Bourbon memutuskan mengkhianati Raja Prancis dan bersekutu dengan tentara kekaisaran.

Pada 1524, setelah Fransiskus tidak berhasil menginvasi Italia, keluarga Bourbon menginvasi Provence dan mengambil gelar Comte Provence. Inilah alasan lain yang mendorong Francis I untuk menginvasi Italia lagi. Pada 1525, raja Prancis melancarkan kampanye militer untuk menginvasi Italia, khususnya Italia utara, dan memang mereka berhasil mencapai Milan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement