Senin 20 May 2024 14:52 WIB

Adab atau Ilmu Lebih Dulu? Begini Penjelasannya

Adab merupakan dasar memperoleh ilmu.

Rep: mgrol 151/ Red: Erdy Nasrul
Sejumlah santri mengaji kitab kuning Nashoihul Ibad (Kumpulan Nasihat bagi Para Hamba) di Masjid Pondok Pesantren Al Musthofa Tebuireng 16 Wadas, Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (19/3/2024). Selama bulan Ramadhan santri di ponpes tersebut mengaji tambahan kitab tasawuf Nashoihul Ibad karangan  Syekh Nawawi Al-Bantani seorang ulama besar asal Banten yang pernah menjadi imam besar Masjidil Haram, Makkah.
Foto: ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Sejumlah santri mengaji kitab kuning Nashoihul Ibad (Kumpulan Nasihat bagi Para Hamba) di Masjid Pondok Pesantren Al Musthofa Tebuireng 16 Wadas, Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (19/3/2024). Selama bulan Ramadhan santri di ponpes tersebut mengaji tambahan kitab tasawuf Nashoihul Ibad karangan Syekh Nawawi Al-Bantani seorang ulama besar asal Banten yang pernah menjadi imam besar Masjidil Haram, Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencari ilmu adalah kewajiban yang sangat ditekankan. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Baca Juga

Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim. (HR. Ibnu Majah). 

Ilmu adalah cahaya yang menerangi jalan kehidupan, memberikan panduan dalam berperilaku, dan membantu manusia memahami ciptaan Allah serta peran mereka di dunia. Namun, dalam perjalanan menuntut ilmu, ada satu aspek yang seringkali terabaikan oleh umat Muslim, yaitu adab.

 

Ada pepatah yang sangat terkenal: "Adab sebelum ilmu." Pepatah ini menekankan pentingnya sikap dan perilaku yang baik atau adab sebelum mencari dan menguasai ilmu pengetahuan.

Meskipun ilmu memiliki peran penting dalam kehidupan, adab dianggap lebih mendasar dan esensial.

Adab merupakan dasar dari pembentukan karakter seseorang. Tanpa adab, ilmu bisa menjadi alat yang disalahgunakan. Misalnya, seseorang yang sangat pintar dalam bidang tertentu tetapi tidak memiliki adab yang baik bisa saja menggunakan pengetahuannya untuk merugikan orang lain. 

Oleh karena itu, adab dapat membentuk moral dan etika seseorang yang pada gilirannya membimbing bagaimana ilmu tersebut digunakan.

Imam Malik rahimahullah pernah berkata pada seorang pemuda Quraisy:

تعلم الأدب قبل أن تتعلم العلم

Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu.

Melalui perkataan Imam Malik tersebut merupakan penegasan bahwa adab lebih diutamakan daripada ilmu. Sebagaimana dianjurkan oleh Allah dan Nabi Muhammad kepada setiap umat Muslim untuk memiliki adab atau akhlak yang baik. 

 

NABI MUHAMMAD...Lihat halaman berikutnya >>>

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement