Sabtu 06 Aug 2022 13:50 WIB

Peneliti Ungkap Perbedaan Otak Orang Sholat dan Ateis

Perbedaan orang sholat dan ateis ditemukan di bagian terpenting otak, lobus frontal.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Peneliti Ungkap Perbedaan Otak Orang Sholat dan Ateis
Foto:

Sementara, lobus parietal terletak di bagian belakang otak dan dibagi menjadi dua belahan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Newberg, lobus parietal juga sangat terpengaruh selama sholat dan meditasi.

Secara umum, fungsi utamanya adalah memproses informasi sensorik tentang lokasi pemrosesan bagian-bagian tubuh. Lobus pareintal juga menafsirkan informasi visual dan bahasa proses dan matematika. Meskipun demikian, semua komponen otak bekerja secara kohesif untuk berfungsinya tubuh manusia.

Dalam penelitian ini, Newberg juga mengungkapkan hasil pemindaian aktivitas otak. Ada dua gambar otak yang ditunjukkan. Otak tersebut milik Perawat Fransiskan, yang telah berdoa kepada Tuhan setiap hari selama 34 tahun, sebelum dan sesudah berdoa. Setelah berdoa, lobus frontal perawat itu menunjukkan tingkat aktivitas yang meningkat.

Perbedaan Ateis dan Orang Sholat

Dalam penelitiannya, Newberg juga menunjukkan gambar-gambar otak yang diambil sebelum dan sesudah seorang ateis bermeditasi dan merenungkan keberadaan Tuhan. Tidak ada perbedaan relatif antara pemindaian otak yang dilakukan sebelum meditasi dan sesudahnya.

Oleh karena itu, penelitian ini ingin membuktikan bagi orang yang tidak percaya kepada Tuhan, meditasi tidak memberikan perbedaan dan peningkatan tingkat aktivitas yang sama seperti yang dilakukan oleh orang yang beriman. Ini karena bagi ateis, Tuhan tidak terbayangkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement