Ahad 13 Mar 2022 22:13 WIB

Hikmah Dirahasiakannya Waktu Kiamat

Hari kiamat memiliki banyak sebutan.

Hari Kiamat (Ilustrasi)

Karena itu, Kiai Arifin mengatakan, Islam meng ajarkan agar pemeluknya dapat menye imbangkan kehidupan dunia dan akhirat. Seorang Muslim harus dapat memakmurkan dunia, seperti dengan bekerja dan berkarya, yang tujuannya mencapai kebaikan hidup di akhirat. Kiai Arifin menambahkan, hamba yang dicintai Allah adalah yang dapat menyeimbangkan dunia dan akhirat.

Lebih lanjut, Kiai Arifin mengatakan, para mufasir memberi penegasan tentang kata tasa'a pada ayat 15 QS Taha. Menurut dia, kata tersebut memiliki makna sebuah upaya yang dilakukan dengan segera. Ketika berbuat amal kebaikan di dunia, seperti ibadah atau kegiatan sosial, harus dilakukan dengan segera. Namun, amal yang dikerjakan tidak juga dilakukan terburu-buru. Sebab, di antara ajaran Islam adalah agar se orang Mus lim tidak menunda-nunda ketika telah memiliki niatan untuk berbuat baik. Seorang Mus lim pun harus segera melaksanakan niat baik tersebut.

 

"Hari kiamat itu diajarkan semua agama samawi. Semua nabi dan rasul diutus punya misi yang sama, salah satunya memberi kabar tentang adanya kiamat. Makanya tak ada agama samawi yang tak mengakui kiamat," kata dia.

sumber : Dialog Jumat
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement