Sabtu 12 Mar 2022 01:12 WIB

Muslim India di Inggris Terbitkan Kalender Pahlawan Muslim

Kalender ini adalah perlawanan terhadap amnesia sejarah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Seekor kucing liar duduk bersama umat Muslim menunggu untuk berbuka puasa pada hari pertama bulan suci Ramadhan di Masjid Jama, di New Delhi, India, Rabu, 14 April 2021.
Foto:

Berikutnya adalah Muhammad Ibn Abd Al Karim Al Khattabi, pemimpin gerakan perlawanan Berber skala besar di Maroko melawan pasukan kolonial Spanyol dan Prancis.

Tentara Spanyol, yang terdiri dari 60 ribu tentara, telah menderita kekalahan militer terburuk pada Juni 1921 ketika mereka bertempur dalam pertempuran dengan tentara Mohammed Ibn Abd Al Karim,” Eshan Shajin yang berusia 13 tahun menceritakan dalam kalender.

Membuka halaman ke bulan Juni melihat masuknya pejuang Chechnya Imam Shamil, yang memimpin kampanye perlawanan bersenjata melawan penjajahan imperialis kekuasaan Rusia di pertengahan abad ke-19 Chechnya.

Dengan menyatukan berbagai suku dan klan Muslim di seluruh Kaukasus, Shamil menciptakan pasukan yang memerangi Tentara Kekaisaran Rusia selama 25 tahun, menimbulkan banyak kekalahan pada musuh besar mereka tanpa bantuan dari luar,”  menurut catatan Zoony Aloof yang berusia 14 tahun.

Pemberontakan laki-laki tahun 1835 diperkenalkan oleh siswa 13 tahun, Mohammed Mosan. Kalender mengatakan itu adalah salah satu pemberontakan budak terbesar yang tercatat di Amerika, yang diorganisir oleh sekelompok cendekiawan Muslim Afrika yang diperbudak di Salvador Bahia, Brasil.

 

Kemudian muncul gerakan pemberontak Tanzania, yang disebut Perang Maji Maji tahun 1898, yang ditulis oleh Sadiya yang berusia 11 tahun. Itu adalah pemberontakan rakyat melawan pendudukan Jerman di wilayah Tanganyika di bawah kepemimpinan Kinjikitile Ngwale, seorang syekh mistik Muslim yang berlangsung selama dua tahun.n Ratna Ajeng Tejomukti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement