Sabtu 12 Mar 2022 01:12 WIB

Muslim India di Inggris Terbitkan Kalender Pahlawan Muslim

Kalender ini adalah perlawanan terhadap amnesia sejarah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Seekor kucing liar duduk bersama umat Muslim menunggu untuk berbuka puasa pada hari pertama bulan suci Ramadhan di Masjid Jama, di New Delhi, India, Rabu, 14 April 2021.
Foto:

Hiba Faisal dan Hana Faisal, dua bersaudaera berusia 11 dan 12 tahun, menyiapkan tulisan tentang Ahmed Urabi, yang merupakan pemimpin politik dan militer pertama di Mesir yang bangkit dari kelas petani. Dia sekarang dianggap sebagai pahlawan nasional di Mesir karena melawan kepentingan Eropa di wilayah tersebut.

Afrika juga menyaksikan invasi yang merajalela dari Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis, dan Italia pada abad ke-18 dan ke-19 di mana umat Islam dan para pemimpin mereka memainkan peran besar dalam melawannya.

Disiapkan oleh Rehaan Shejin yang berusia 11 tahun, kalender tersebut kemudian memperkenalkan Omar Al Mukhtar, pemimpin Libya yang menghabiskan seluruh hidupnya melawan Inggris, Prancis, Spanyol, dan Italia dalam berbagai pertempuran. Berhasil dalam banyak pertempuran itu, ia populer disebut "Singa Gurun" dan mengilhami perjuangan anti penjajah tidak hanya di Libya tetapi di seluruh dunia.

Tokoh anti penjajah Afrika lainnya yang termasuk dalam kalender adalah Abdelkader El Djezairi dari Aljazair.

Djezairi adalah seorang cendekiawan Islam yang berjuang melawan invasi Prancis ke Aljazair pada abad ke-19. Dia akan melawan Prancis selama sekitar 15 tahun sampai dia ditangkap pada tahun 1847. Deskripsi inspiratif tentang hidupnya ditulis oleh seorang siswa berusia 12 tahun, Ryan Sanooj.

Selama periode yang sama di abad ke-19, pemimpin agama dan militer Somalia dari gerakan Darwis, Mohammed Abdulla Hassan, memimpin konfrontasi selama dua dekade melawan tentara Inggris dan Italia di Somalia. 

"Kekaisaran Ottoman menamainya 'Emir Somalia'," deskripsi pada Abdulla Hassan dalam kalender, yang disiapkan oleh Hasanul Banna yang berusia 11 tahun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement