Selasa 15 Feb 2022 06:48 WIB

Simbol-Simbol Perjuangan di Masjid Syuhada Yogyakarta

Masjid Syuhada sarat akan simbol-simbol perjuangan melawan penjajah.

Bangunan Masjid Syuhada, Yogyakarta, Ahad (16/1/2022). Masjid Syuhada merupakan monumen yang dibangun untuk para pejuang atau syuhada pada pertempuran Kotabaru pada 7 Oktober 1945. Ada 21 pejuang yang gugur dalam pertempuran ini, dan melandasi pembangunan Masjid Syuhada pada 1950. Sehingga Masjid Syuhada diartikan sebagai tempat ibadah serta pengingat pahlawan atau syuhada yang gugur pada Pertempuran Kotabaru.
Foto:

Khususnya bagi warga Yogyakarta, keberadaan Masjid Syuhada pun mendukung edukasi anak-anak. Masih di lingkungan kompleks tempat ibadah itu, terdapat beberapa institusi pendidikan Islam. Di antaranya ialah Taman Pendidikan Alquran (TPQ), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), sekolah dasar dan sekolah menengah pertama (SMP) Islam terpadu. Begitu pula dengan penggemblengan bagi para insan muda. Pihak takmir setempat membuka ruang untuk Remaja Masjid, misalnya melalui Pendidikan Corps Dakwah Masjid Syuhada (CDMS) atau Pengajian Putri Yogyakarta (PPY).

photo
Umat Muslim keluar dari masjid usai menunaikan ibadah shalat Jumat di Masjid Syuhada, Yogyakarta, Jumat (20/8). Masjid Syuhada kembali menggelar ibadah shalat Jumat dengan kuota jamaah 400 orang di tengah pelonggaran pemberlakuan PPKM Level 4. Selama ibadah shalat Jumat jamaah wajib mematuhi protokol kesehatan Covid-19 ketat. - (Wihdan Hidayat / Republika)

Kota Yogyakarta terkenal dengan nuansanya yang ramah wisatawan. Masjid Syuhada pun sering menjadi destinasi tujuan para pelancong Muslim. Akses untuk sampai ke sana cukup mudah dan murah. Ambil contoh, dari Bandar Udara Adisucipto Yogyakarta, Anda dapat menempuh perjalanan dengan kendaraan bermotor sekira 20 menit. Dari Stasiun Tugu Yogyakarta, hanya perlu waktu sekitar lima atau 10 menit.

 

 

sumber : Islam Digest
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement