Selasa 04 Jan 2022 08:26 WIB

Berkunjung ke Pasar dalam Sejarah Islam

Islam membawa ide, nilai dan praktik baru dalam perkembangan pasar.

Berkunjung ke Pasar dalam Sejarah Islam. Orang-orang membeli barang di pasar souk pada hari pertama bulan suci Ramadhan di Casablanca, Maroko, Rabu, 14 April 2021.
Foto:

Ada satu ajaran Islam lain yang mendorong pertumbuhan pasar yang khas di Dunia Arab, yakni ibadah haji. Keinginan untuk naik haji ke Mekkah mendorong banyak kaum Muslim dari luar kota ini berbondong-bondong ke sana.

Di zaman dahulu, perjalanan haji dilakukan dengan karavan dan memakan waktu hingga berbulan-bulan. Ini mendorong perkembangan di bidang perdagangan khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan para jamaah haji. Pasar baru pun muncul untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Yang tak boleh dilupakan adalah bahwa Islam, yang lahir di Dunia Arab, bisa mencapai bahkan mengakar kuat di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, salah satunya difasilitasi oleh jaringan pasar global di masa silam. Meski Indonesia dan Dunia Arab maupun Asia Selatan terpisah ribuan kilometer, perdagangan membuat mereka bertemu bahkan saling mempengaruhi.

Pasar-pasar di pesisir barat Sumatera adalah tempat paling awal di Nusantara yang didatangi para saudagar Muslim dari Arab, Persia, India bahkan Cina. Alih-alih memisahkan, Samudera Hindia yang luas itu justru menjadi jembatan yang menghubungkan Dunia Islam dengan bandar-bandar Nusantara seperti Aceh, Barus, Pariaman, Melaka, Banten, Sunda Kelapa, Cirebon, Gresik, Surabaya, Makassar dan Kepulauan Maluku.

Dari interaksi perdagangan di pasar inilah Islam datang dan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Sebagian bandar atau kota perdagangan Nusantara ini kemudian menjadi kota pelabuhan besar serta pusat lahirnya kerajaan-kerajaan Islam yang menjadi awal dari institusi politik Islam di Nusantara, yang warisannya masih bisa dirasakan hingga sekarang.

Sumber: Majalah SM Edisi 14 Tahun 2019

Link artikel asli

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement