Selasa 04 Jan 2022 08:26 WIB

Berkunjung ke Pasar dalam Sejarah Islam

Islam membawa ide, nilai dan praktik baru dalam perkembangan pasar.

Berkunjung ke Pasar dalam Sejarah Islam. Orang-orang membeli barang di pasar souk pada hari pertama bulan suci Ramadhan di Casablanca, Maroko, Rabu, 14 April 2021.
Foto:

Bukti-bukti arkeologis memperlihatkan bahwa pasar-pasar kuno sudah eksis di sejumlah wilayah di Timur Tengah, mulai dari Iran, Irak, Suriah, Mesir hingga ke wilayah di sekitar Asia Tengah, ribuan tahun sebelum masehi. Barang-barang yang diperdagangkan beragam, seperti benda tembikar, mutiara dan parfum.

Islam membawa ide, nilai dan praktik baru dalam perkembangan pasar. Para sejarawan menekankan bahwa kelahiran Islam telah membawa pasar ke level yang lebih kompleks. Islam awalnya lahir dan berkembang di Jazirah Arab.

Namun, dalam beberapa abad, Islam tersebar dalam rentang wilayah yang sangat luas, mulai dari Afrika Utara, Eropa Selatan, Asia Barat, Asia Selatan, Asia Tengah, Asia Timur dan Asia Tenggara. Para penguasa Muslim di wilayah-wilayah baru itu tidak hanya mendirikan istana tempat di mana mereka menjalankan pemerintahannya.

Mereka juga membangun pasar, dan memberi nilai tambah pada pasar lebih dari sekedar sebagai tempat jual-beli. Kekhalifahan Bani Umayyah contohnya.

Di daerah-daerah kekuasaannya mereka membuat pasar. Pasar semacam itu mereka dirikan di Tunisia dan Irak.

Baca juga: Bacalah Doa Ini Sebelum Masuk Pasar

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement