Jumat 31 Dec 2021 05:20 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Pahlawan untuk Kemajuan Bangsa

Pahlawan adalah mereka yang dapat memberikan dampak besar bagi kemajuan bangsanya.

Naskah Khutbah Jumat: Pahlawan untuk Kemajuan Bangsa
Foto:

Bagi David J. Schwartz dalam bukunya Berpikir dan Berjiwa Besar mengatakan pemikir besar sebagai ahli dalam menciptakan gambar yang positif, memandang ke depan, optimistis baik di dalam pikiran mereka sendiri maupun pikiran orang lain.

David memberikan contoh pernyataan, “Tidak ada gunanya; kita sudah kalah.” Kalau pemikir cetek tentu akan mengabaikan. Berbeda dengan pemikir besar, pasti dia akan melenyapkan dan digantikan dengan diksi “Kita belum kalah. Mari kita terus berusaha. Ini ada segi lain yang baru.”

Pernyataan ini seolah membongkar kebobrokan diri kita. Yang selalu pesimistis terhadap iklim kehidupan yang terjadi. Namun, bagi seorang pemikir besar tentu akan selalu memancarkan tabiat optimistis betapapun kelamnya kehidupan. Dan pada saat yang sama mampu menyuguhkan aneka hidangan gagasan-gagasan ilmiah yang bisa berkontribusi dalam merekonstruksi kehidupan kebangsaan yang maju dan mendunia.

Lewat peringatan hari Pahlawan ini, khatib mengajak agar kita semua yang hadir di masjid mulia ini untuk bisa memulai hidupnya dengan menjadi seorang pemikir besar. Kita pasti bisa menjadi pemikir besar.

Kuncinya pada kesungguhan (sooth), ketulusan (sincerity), dan kemauan (desire) harus melekat kuat di dalam jiwa kita. Dengan demikian masa depan bangsa ini akan terjamin maju karena telah di nakhodai oleh para pemikir besar. Dan inilah sosok pahlawan bangsa yang dicari selama ini. Selamat Hari Pahlawan.

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement