Jumat 31 Dec 2021 05:20 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Pahlawan untuk Kemajuan Bangsa

Pahlawan adalah mereka yang dapat memberikan dampak besar bagi kemajuan bangsanya.

Naskah Khutbah Jumat: Pahlawan untuk Kemajuan Bangsa
Foto:

Para hadirin yang budiman,

Setiap tanggal 10 November, Indonesia selalu memperingati hari Pahlawan. Peringatan ini tentu memberikan secercah sesanti sarat makna yang menuntut generasi pasca kemerdekaan agar bisa mereguk sekaligus mengaplikasikan sesanti tersebut.

Berbicara mengenai hari pahlawan, mengingatkan kita akan kisah heroik pertempuran Surabaya tahun 1945. Kisah ini sangat melegenda hingga detik sekarang, karena dalam catatan literatur sejarah menyatakan pertempuran ini hanya dilakukan dengan senjata bambu runcing.

Bayangkan para musuh saja sudah menggunakan senjata yang super canggih pada kala itu. Sedangkan pejuang kita masih menggunakan senjata yang paling sederhana. Tentu dalam pikiran kita era digital ini mustahil mampu mengalahkan mereka.

Tapi Bung Tomo dengan menggelegar memberikan spirit menggebu kepada para pejuang, “Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka!” Atas spirit itulah, seakan ada energi besar yang mendorong mereka untuk menumpaskan para imperialisme dengan tetesan peluh dan darah membasahi tubuh. Pertempuran pun terjadi. Diperkirakan sekitar 6-16 ribu pejuang kemerdekaan Indonesia gugur dalam pertempuran selama tiga minggu tersebut. Semoga syahid!

Inilah pertempuran paling akbar yang pernah terjadi selama proses perjuangan kemerdekaan. Kepadanya kita doakan agar arwahnya tenang dan kita lanjutkan harapan terbesar mereka yakni menjadikan bangsa ini semakin melesat maju dan gemilang di masa depan.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement