Kamis 30 Dec 2021 04:05 WIB

Beberapa Keutamaan Berwudhu, Salah Satunya Mengurai Ikatan Setan

Berwudhu juga dapat meningkatkan derajat seorang hamba.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Beberapa Keutamaan Berwudhu, Salah Satunya Mengurai Ikatan Setan
Foto:

Sedangkan dalam hadits yang diriwayatkan dari Usman, bahwasannya Nabi bersabda, “Man tawaddha-a hakadza ghufiralahu maa taqaddama min dzanbihi wa kaanat shalaatuhu wa masyyuhu ilal-masjidi naafilatan,”. Yang artinya, “Barangsiapa yang berwudhu seperti ini, maka ia akan diampuni dosanya yang telah lampau. Sholat dan jalannya menuju masjid menjadi ibadah yang sunnah,”.

Ketiga, berwudhu dapat meningkatkan derajat seorang hamba. Hal ini sebagaimana sabda Nabi, “Maukah kalian aku tunjukkan kepada sesuatu yang Allah menghapuskan dosa-dosa dan meningkatkan derajat dengannya? (Nabi melanjutkan), (Yaitu) menyempurnakan wudhu pada kondisi yang tidak disukai, memperbanyak langkah menuju masjid, dan menunggu sholat (berikutnya) setelah (satu) sholat usai. Itu adalah ribath (menjaga perbatasan kaum Muslimin), itu adalah ribath, itu adalah ribath,”.

Keempat, berwudhu salah satu jalan menuju surga. Hal ini sebagaimana sabda Nabi kepada Bilal, “Wahai Bilal, ceritakan kepadaku tentang amalan yang paling engkau harapkan, yang engkau kerjakan dalam Islam. Sesungguhnya aku telah mendengar suara dua sandalmu di depanku di surga,”.

Bilal berkata, “Tidak ada amalan yang paling aku harapkan melebihi (amalan yaitu) tidaklah aku berwudhu dalam satu waktu, di malam atau siang hari kecuali aku mengerjakan sholat dengan wudhu tersebut sebanyak yang ditakdirkan atasku,”.

Kelima, berwudhu dapat mendekatkan ke surga. Rasulullah SAW bersabda, “Man tawaddha-a fa-ahsana al-wudhu-a tsumma shalla rak’ataini yuqbilu alaihima biqalbihi wawajhihi wajabat lahul-jannah,”.

photo
Infografis Tiga Alasan Pentingnya Bersuci - (Republika.co.id)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement