Kamis 30 Dec 2021 04:05 WIB

Beberapa Keutamaan Berwudhu, Salah Satunya Mengurai Ikatan Setan

Berwudhu juga dapat meningkatkan derajat seorang hamba.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Beberapa Keutamaan Berwudhu, Salah Satunya Mengurai Ikatan Setan
Foto:

Yang artinya, “Barangsiapa yang berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat sebanyak dua rakaat, ia memfokuskan pada keduanya dengan sepenuh hati dan wajahnya, niscaya ia akan mendapatkan surga,”.

Keenam, berwudhu merupakan tanda istimewa umat Islam saat mendatangi telaga di akhirat. Dalilnya sebagaimana hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim (234) dan Imam An-Nasa’I (1/80).

Ketujuh, air wudhu akan menyerupai cahaya bagi seorang hamba di hari kiamat. Diriwayatkan dari Abu Hurairah yang mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Tablughul-hilyah minal-mukmini haitsu yablughu al-wudhu-u,”. Yang artinya, “Perhiasan akan menaungi orang Mukmin sebanyak cakupan wudhunya,”. Maksud perhiasan di sini adalah cahaya di hari kiamat.

Kedelapan, berwudhu dapat mengurai ikatan setan. Hal ini berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah bersabda, “Setan mengikat ikatan pada ubun-ubun kepala salah seorang dari kalian saat ia tidur sebanyak tiga ikatan, ia mengikat setiap ikatan (seraya menghembuskan), ‘Engkau memiliki malam yang panjang, tidurlah’. Jika ia terbangun dan mengingat Allah, niscaya satu ikatannya akan terlepas. Jika ia berwudhu, maka satu ikatan akan terlepas lagi. Apabila ia mengerjakan sholat maka satu ikatan terlepas lagi, maka ia menjadi insan yang bersemangat dan jiwanya menjadi baik. Jika tidak, maka jiwanya menjadi buruk dan malas,”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement