Rabu 29 Dec 2021 23:05 WIB

Nama Allah Paling Agung

Kata 'Allah' dalam bahasa Arab memiliki makna mendalam.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Nama Allah Paling Agung
Foto:

Di lain waktu Nabi Muhammad Saw bersabda:

"Nama Allah yang paling agung ada dalam dua ayat ini: 'Dan Allahmu adalah Allah yang Esa. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang' (Alquran 2:163), dan juga dalam pembukaan Al Imran, 'Alif–Lam–Miim. Allah! Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Dia. Yang Maha Hidup, yang Terus-menerus memelihara (makhluk-makhluk-Nya).' (Alquran, 3:1-2).

Cendekiawan Mesir terkemuka, Sheikh Ahmad ash-Sharbaasi, mengatakan:

"Allah adalah Nama, yang unik untuk Kebenaran, Maha Suci Dia dan Dia khusus untuk itu. Dia telah menjadikannya yang pertama dari Nama-Nya dan menambahkan semua Nama lain padanya dan tidak menambahkannya ke nama lain. Oleh karena itu, segala sesuatu yang datang setelahnya adalah penggambaran dan atribut daripadanya."

Allah adalah nama yang paling agung karena meliputi semua nama dan sifat-sifat Allah. Arti dari nama-nama lain itu tergabung dalam nama Allah. Itu adalah tanda-tanda yang dengannya kita mengenali keajaiban dan kemuliaan Tuhan, Allah. Esensi dari semua nama dan atribut disatukan dalam satu nama ini, Allah, yang menunjukkan kesempurnaan tertinggi-Nya.

Dengan demikian, seperti dikutip dari artikel di laman About Islam, dilansir Selasa (28/12), pemahaman kesimpulan bahwa Allah adalah nama terbesar dari semua adalah tempat yang sangat baik untuk memulai ketika membuat studi tentang nama-nama Allah yang tak terhitung banyaknya.

Dalam hal ini, menggunakan nama-nama Tuhan dalam semua permohonan kita memperkuat keyakinan kita karena semakin kita memahami Tuhan, semakin merasa dekat kita dengan-Nya. Selanjutnya, merasa dekat dengan Tuhan membuat kita bertekad untuk menyembah-Nya dengan cara yang berkenan bagi-Nya.

Salah satu ulama Islam yang paling dihormati, Ibn al-Qayyim, dalam Al-Sawaaiq al-Mursalah 'Ala al-Jahmayyah wal-Muattilah mengatakan:

"Kunci dari seruan para Rasul, (dan) esensi dari Pesan mereka adalah mengetahui Allah melalui Nama-nama-Nya, Sifat-sifat-Nya, dan Perbuatan-Nya, karena ini adalah fondasi di mana keseluruhan Pesan-pesan atau risalah itu, dari awal hingga akhir, dibangun."

Sebagaimana dalam Alquran juga disebutkan:

"Nama-nama yang paling indah adalah milik Allah, maka sebutlah Dia dengan nama-nama itu." (Alquran, 7:180).

photo
3 Manfaat Mensyukuri Nikmat Allah SWT (ilustrasi) - (republika)

https://aboutislam.net/spirituality/the-greatest-name-of-god-by-which-he-answers-dua/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement