Rabu 29 Dec 2021 23:05 WIB

Nama Allah Paling Agung

Kata 'Allah' dalam bahasa Arab memiliki makna mendalam.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Nama Allah Paling Agung
Foto:

Sheikh Uthaymeen (1929 – 2001 M) mendefinisikan kata Allah sebagai berikut:

Kata “Allah” adalah kata benda yang merujuk kepada Tuhan. Akarnya adalah kata al-Ilaah ("Tuhan"), tetapi kata itu dipendekkan untuk membuatnya lebih mudah diucapkan, karena begitu sering diulang. Kata ilaah mengacu pada orang yang dicintai, dan orang yang dicintai adalah orang yang disembah karena cinta dan penghormatan.”

Nama Allah disebutkan dalam Alqur'an lebih sering daripada nama lain yang dengannya Allah menyebut diri-Nya. Nama 'Allah' disebutkan sebanyak 2602 kali dalam Alquran.

Adapun nama lain dari Allah yang disebutkan dalam Alquran, di antaranya 'Ar Rahiim' (Maha Penyayang) yang disebutkan 114 kali dan 'Ar Rahman' (Maha Penyayang) disebutkan 57 kali. Terdapat perbedaan besar, dan jelas bahwa Allah secara husus memberikan nama sebuah status khusus.

Dalam banyak kesempatan, Nabi Muhammad Saw mengatakan bahwa nama terbesar dan paling agung dari Tuhan adalah Allah.

Nabi Muhammad mendengar seorang pria berdoa:

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan fakta bahwa Engkau adalah Tuhan, tidak ada Tuhan selain Engkau, Yang Esa, Tuan yang mencukupi diri sendiri, Engkau tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan tidak ada yang sebanding dengan-Mu".

Nabi Saw berkata kepada pria itu:

"Kamu telah berdoa kepada Tuhan menggunakan Nama Terbesar-Nya, yang ketika diminta dengan nama ini Dia mengabulkan, dan ketika berdoa dengan nama ini Dia menjawab." (HR. Abu Dawud dan At Tirmidzi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement