Jumat 10 Dec 2021 16:22 WIB

Bolehkah Memakan Ikan yang Diberi Pakan dari Lemak Babi?

Uni Eropa menyetujui penggunaan protein hewani dan babi dalam pakan ikan.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Ani Nursalikah
Bolehkah Memakan Ikan yang Diberi Pakan dari Lemak Babi?
Foto:

Menurut para sahabat, memberi makan hewan murni selama tiga hari menghilangkan larangan. Banyak ulama berpendapat bahwa perubahan substansi najis menjadi substansi lain mengubah aturannya. Ini sebenarnya posisi mayoritas.

Dalam pandangan dia, transformasi harus lengkap dan penghapusan kerugian harus dipastikan. Jika ada kemungkinan merugikan, maka dilarang, Nabi Muhammad (saw) berkata, “Seharusnya tidak ada bahaya atau timbal balik dari bahaya." (Malik dan Ibnu Majah)

Menurut Situs Mayo Clinic, penjelasan yang paling mungkin bagaimana sapi bisa menjadi sapi gila adalah bahwa sapi memiliki penyakit dari makan pakan yang mengandung bagian bawah dari hewan yang terinfeksi. Itu sebabnya sebagian besar negara sekarang melarang penggunaan protein mamalia dalam pakan sapi.

"Saya tidak dapat mengatakan pada titik ini apakah transformasi pakan ternak yang diberikan kepada ikan ini sudah selesai atau belum, dan produk akhirnya aman,"ujar dia.

Adapun fatwa tentang masalah khusus ini, dengan mempertimbangkan konteks dan semua faktor eksternal yang relevan, kami memiliki masalah yang kontroversial. Posisi mayoritas bukanlah larangan tegas tetapi tidak suka. Dia tidak akan menambahkan kesulitan yang mungkin menimpa jutaan muslim dengan menetapkan konsumsi semua ikan di pasar Eropa haram. Al Hajj percaya umat Islam dapat mengonsumsi ikan ini.

Namun, dia menyarankan komunitas Muslim mendukung industri makanan alternatif. Dia juga akan mendorong mereka untuk melobi pembuat undang-undang di Eropa untuk menghindari undang-undang yang menyinggung minoritas besar dan kesehatan dan kesejahteraan manusia.

 

https://aboutislam.net/counseling/ask-the-scholar/food-slaughter/can-muslims-eat-fish-fed-on-pork-fats/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement