Jumat 10 Dec 2021 16:22 WIB

Bolehkah Memakan Ikan yang Diberi Pakan dari Lemak Babi?

Uni Eropa menyetujui penggunaan protein hewani dan babi dalam pakan ikan.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Ani Nursalikah
Bolehkah Memakan Ikan yang Diberi Pakan dari Lemak Babi?
Foto:

Jika kita tidak memiliki alternatif lain, tidak dianggap haram memakan hewan atau ikan ini menurut aturan fiqih. Karena meskipun pakan ini dianggap haram untuk kita konsumsi, namun begitu diberikan ke hewan dan ikan, mereka telah mengalami transformasi kimia. 

Jadi, menurut ahli hukum, karena istihalah atau kimia transformasi mereka tidak dapat mengharamkannya. Dekan Sekolah Tinggi Studi Islam di Universitas Mishkah dan anggota Komite Fatwa Tetap untuk Majelis Ahli Hukum Muslim di Amerika (AMJA) Hatem Al-Hajj menambahkan karena adanya larangan konsumsi jallalah (hewan pemakan kotoran).

Jawaban atas pertanyaan ini perlu mempertimbangkan beberapa hal. Ibn Hazm berpendapat mereka tidak memakan kotoran dan mereka tidak dilarang. Mayoritas ulama menyatakan hukum itu bersifat umum dan berlaku untuk semua daging yang dapat dimakan, sebagaimana ditunjukkan oleh Ibnu Hajar dalam Fath al-Bari.

Ada juga hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu bahwa hewan dianggap jallalah hanya jika sebagian besar makanannya najis (najis), seperti yang dilaporkan Ibn Qudamah dari Hanbalis di al-Mughni, dan itu juga posisi Hanafi. Menurut sebagian orang, menjadi jallalah hanya jika bau binatang itu berubah dan posisi itu dianggap mayoritas oleh Imam an-Nawawi.

Mayoritas ulama menganggap konsumsi jallalah sebagai makruh (tidak disukai) bukan haram. Posisi ini dipegang oleh Hanafi, sebagian besar Syafi`i, dan sebagian Hanbali.

Kaum Maliki bahkan tidak menyukainya. Beberapa, termasuk beberapa Syafi'i dan Hanbali, menganggapnya haram. Dalilnya ada pada golongan yang terakhir ini karena meriwayatkan dari Ahmad dan Abi Dawud, dari Ibnu Umar, bahwa Nabi (saw) melarang makan jallaalah dan meminum susunya. Ada laporan lain dari sahabat lain juga.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement