Selasa 07 Dec 2021 04:55 WIB

Manfaat Uzlah Bagi Seorang Murid

Uzlah merupakan salah satu metode pendekatan kepada Allah SWT.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Manfaat Uzlah Bagi Seorang Murid
Foto:

Dengan bertafakkur, seseorang juga bisa mengetahui keburukan-keburukan jiwa yang terselubung, kejahatan musuh, dan tipuan dunia. Ia juga bisa mengenali segala muslihat sehingga bisa dengan mudah menghindarinya dan selamat dari bahaya-bahaya yang ditimbulkannya.

Dengan menyendiri dan merenung, seorang murid melatih diri untuk berkhalwat, salah satu dari empat rukun tarekat (tiga rukun lainnya adalah bersikap diam, berlapar-lapar, dan bangun tengah malam).

“Ini bagi murid yang menempuh jalan tarekat sendirian,” jelas Syekh Abdullah.

Adapun bagi murid yang berada di bawah bimbingan guru, tentu ia harus banyak bergaul dengan gurunya, juga dengan saudara-saudara yang turut membantunya dalam menempuh jalan tarekat. Jika ia telah menjadi arif, tak masalah baginya untuk bergaul dengan manusia mana pun karena saat itu di matanya hanya Allah yang terlihat.

“Perlu dicamkan bahwa yang menjadi tujuan utama adalah tafakkur, sedangkan uzlah (menyendiri) hanya sebagai media atau faktor pendukung,” kata Syekh Abdullah Asy-Syarqawi, yang merupakan Grand Syekh Universitas Al-Azhar Mesir dan Mufti Mazhab Syafi’i.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement