Ahad 07 Nov 2021 05:30 WIB

Wasiat Terakhir Umar bin Abdul Aziz dan Penyebab Wafatnya

Umar bin Abdul Aziz merupakan khalifah yang terkenal adil

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Umar bin Abdul Aziz merupakan khalifah yang terkenal adil. Ilustrasi Umar bin Abdul Azi
Foto:

Beberapa waktu kemudian, Umar bin Abdul Aziz pun memanggil anak-anaknya, berpamitan, menguatkan dan berwasiat kepada mereka dengan pesan ini. Lalu Umar bin Abdul Aziz berkata, “Pergilah semoga kalian dilindungi Allah, dan semoga Allah memberikan pengganti kepada kalian.”

Dikisahkan, setelah kematian Umar bin Abdul Aziz, anak-anaknya terlihat menghibahkan 80 kuda untuk kepentingan jihad. Berbeda dengan anak-anak Sulaiman bin Abdul Malik, yang meski diwarisi harta banyak, tetapi tetap saja meminta-minta ke anak-anak Umar bin Abdul Aziz. 

Baca juga: 4 Jalan Menuju Allah SWT Menurut Imam Syadzili

Hal ini karena Umar bin Abdul Aziz menitipkan anaknya kepada Allah SWT, sementara Sulaiman dan lainnya menitipkan anak-anak mereka kepada harta fana yang mereka tinggalkan. Sirnalah harta itu bersama nafsu dan syahwat duniawi anak-anaknya.

Selama 20 hari ia menahan sakit akibat racun yang diderita. Menjelang detik-detik meninggalnya, ia juga berkata: 

“Dudukkan aku.” Maka, mereka pun mendudukkannya. Lalu dia berkata lagi, “Akulah yang Engkau perintah lalu aku mengabaikan, dan akulah yang Engkau larang namun aku durhaka tiga kali. Tapi tidak ada Ilah selain Alla.”

Sumber: Nasihat KH Mashum Sufyan Supaya Tiru Filosofi Beras

Kemudian, Umar menengadahkan kepala ke atas, dan dia memusatkan pandangannya. Orang-orang berkata, “Mengapa engkau memandang dengan pandangan yang sungguh-sungguh wahai Amirul Mukminin?”

Dia menjawab, “Aku melihat sekumpulan orang, tapi mereka bukan manusia dan bukan pula jin.” Setelah itu, ia meninggal dunia.    

 

 

Sumber: elbalad 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement