Rabu 08 Sep 2021 17:38 WIB

Menerka Jejak Sejarah Islam di Amerika Selatan

Kehadiran Islam di Amerika Selatan sudah berumur hampir satu milenium.

Menerka Jejak Sejarah Islam di Amerika Selatan. Muslim Brasil shalat berjamaah di Mesquita da Luz, masjid pertama di Rio de Janeiro.
Foto:

Amerika Latin menjadi tempat tujuan mereka. Di dekade-dekade terakhir abad ke-19 Muslim Arab mulai berdatangan dan menetap antara lain di Brasil dan Cile (di sini Muslim Arab secara keliru disebut sebagai Bangsa Turk).

Brasil menjadi salah satu tempat di mana kaum Muslim bisa bertahan dan mengembangkan dirinya hingga di masa kini. Kaum Muslim paling awal di Brasil adalah kalangan moriscos yang berasal dari Portugal, yang datang ke sana pada abad ke-16.

Kaum moriscos ini sebelumnya menetap di Semenanjung Iberia, kawasan geografis yang kini mencakup Spanyol, Portugal, Andorra, Gibraltar, dan sebagian wilayah Perancis. Di Iberia mereka mengalami persekusi dan ini mendorong mereka mencari tempat baru yang lebih aman. Brasil sendiri berada di bawah kolonialisme Portugal dari tahun 1500 hingga 1822.

Di samping para moriscos, ada pula Muslim dari Afrika, yang dibawa oleh kaum kolonial Portugis ke negeri ini sebagai budak pada abad ke-17 dan ke-18. Tapi mereka menjalani kehidupan yang buruk di Brasil.

Sebagai budak mereka diperlakukan tidak manusiawi. Ini membuat mereka memberontak pada 1835. Tujuannya hanya satu, yakni bebas dari status budak.

Tapi Portugis berhasil memadamkan pemberontakan ini. Sebagian dari budak Muslim asal Afrika ini lalu memilih pulang ke Afrika. Alhasil, jumlah Muslim Afrika di Brasil menurun tajam.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement