Rabu 14 Jul 2021 21:30 WIB

9 Sifat Mulia Rasulullah SAW yang tak Bisa Dibantah Kafir

Rasulullah SAW mempunyai akhlak mulia yang diakui kafir Quraisy kala itu

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW mempunyai akhlak mulia yang diakui kafir Quraisy kala itu. Ilustrasi Rasulullah
Foto:

6. Zuhud

Rasulullah memiliki sifat zuhud luar biasa. Salah satu buktinya adalah sejak datang ke Madinah, pernah selama tiga hari berturut-turut keluarga Rasulullah SAW tidak makan kurma hingga mereka begitu menginginkannya. 

Namun, keinginan sederhana itu baru bisa terpenuhi setelah peristiwa penaklukan Khaibar. 

تقول عائشة - رضي الله عنها -: "ما شَبِع آل محمد - صلى الله عليه وسلم - منذ قدم المدينة من طعام بُرٍّ ثلاث ليال حتى قُبض

Suatu hari Aisyah RA menuturkan, “Rasulullah SAW tidak pernah makan sampai kenyang sejak datang ke Madinah hingga beliau wafat.” 

7. Kecintaan pada Allah SWT

Kecintaan Nabi Muhammad kepada Allah tak terhingga. Nabi Muhammad bahkan menyerahkan seluruh hidupnya kepada Allah, hati dipenuhi ketakutan, dan setelah wahyu diturunkan kepadanya. 

Dia melekat pada keinginan untuk beribadah kepada Allah, menunaikan panggilan, dan mendekatkan diri kepada Allah dengan zikir, shalat, puasa dan membaca Alquran.   

حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ قَالَ حَدَّثَنَا مِسْعَرٌ عَنْ زِيَادٍ قَالَ سَمِعْتُ الْمُغِيرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ

إِنْ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيَقُومُ لِيُصَلِّيَ حَتَّى تَرِمُ قَدَمَاهُ أَوْ سَاقَاهُ فَيُقَالُ لَهُ فَيَقُولُ أَفَلَا أَكُونُ عَبْدًا شَكُورًا

 Telah menceritakan kepada kami Abu Nu'aim berkata, “Telah menceritakan kepada kami Mis'ar dari Ziyad berkata, “Aku mendengar Al Mughirah RA berkata, "Ketika Nabi SAW bangun untuk mendirikan sholat (malam) hingga tampak bengkak pada kaki atau betis, Beliau dimintai keterangan tentangnya. Maka Beliau menjawab: "Apakah memang tidak sepatutnya aku menjadi hamba yang bersyukur?"

8. Aktif di masyarakat

Rasulullah selalu ikut berpartisipasi dalam urusan masyarakat di mana dia tinggal, dan dalam setiap partisipasinya selalu membutuhkan dia. Nabi juga selalu hadir dalam perang melawan orang jahiliyah.  

9. Menyenangkan

Rasulullah dikenal juga dengan sosok yang riang. Pernah satu ketika Perang Khandaq Zaid bin Tsabit turut membangun parit dan tetiba kehilangan senjata.  

Dia panik mencari-cari senjatanya. Dan ternyata senjata tersebut hanya terselip. Rasulullah pun tertawa menanggapi perilaku sahabatnya tersebut. 

 

 

Sumber: alukah 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement