Senin 20 May 2024 13:42 WIB

4 Tips Sholat Shubuh Tepat Waktu

Sholat Shubuh harus dikerjakan sebelum matahari terbit.

Rep: mgrol 151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi sholat shubuh.
Foto: Dok Republika
Ilustrasi sholat shubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bangun pada waktu subuh adalah sebuah ujian bagi sebagian umat Muslim. Saat tubuh terasa lelah dan mata masih ingin terus tertutup, mengangkat diri dari tempat tidur bisa menjadi tugas yang sangat sulit. 

Padahal, sebagai seorang Muslim sudah diwajibkan untuk bangun dan menunaikan ibadah sholat subuh. Oleh karena itu, umat Muslim perlu memperhatikan beberapa tip agar terbiasa bangun subuh. 

Baca Juga

Pertama, niat karena Allah SWT

Segala sesuatu harus dilaksanakan dengan niat yang tulus karena Allah SWT. Salah satunya ketika berniat untuk bangun subuh dan  melaksanakan sholat tanpa terlambat. 

Meskipun terkadang banyak orang tidak terbiasa bangun subuh untuk menunaikan ibadah, akan tetapi sebagai umat Muslim yang beriman sudah seharusnya melaksanakan sholat tepat waktu. 

 

Hal pertama yang harus dibiasakan oleh seseorang yang ingin membiasakan diri melaksanakan sholat subuh tanpa terlambat adalah berniat. Ketika seseorang berniat dengan tulus, memohon doa agar Allah bersamanya dan membimbingnya, maka Allah akan kabulkan doa-doanya.

Kedua, mengingat-ingat pahala sholat subuh

Setiap bentuk ibadah yang dianjurkan oleh Allah dan sunnah Nabi Muhammad memiliki ganjaran bagi setiap Muslim yang mengerjakannya. Begitupun sholat subuh yang merupakan ibadah wajib sudah pasti ada pahalanya. 

Pahala pertama yang akan didapatkan oleh seorang Muslim yang mengerjakan sholat subuh adalah mendapatkan surga. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Barangsiapa yang mengerjakan sholat bardain (yaitu sholat subuh dan ashar) maka dia akan masuk surga. (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635).

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement