Selasa 13 Jul 2021 04:19 WIB

Hal yang Perlu Diketahui dari Bulan Dzulhijjah

Awal Dzulhijjah telah ditetapkan pada Ahad (11/7).

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Keutamaan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah.
Foto:

Nabi Muhammad ﷺ telah mencontohkan ibadah haji sebelumnya bersama para sahabatnya. Hingga kini ibadah haji terus dilakukan oleh umat islam.

Selama 10 hari pertama di bulan dzulhijjah terdapat banyak keistimewaan di dalamnya. Umat dapat melakukan lebih banyak perbuatan amal saleh.

Puasa dari fajar hingga senja merupakan salah satu ibadah yang paling dicintai pada masa itu. Berbeda dengan bulan Ramadhan, puasa ini tidak wajib melainkan 'mustahab', atau dianjurkan. 

Mayoritas umat Islam berpuasa pada hari para jamaah mendaki gunung Arafat, yang akan jatuh pada Senin, 19 Juli tahun ini. Ini menandai dimulainya perjalanan haji, di mana para jamaah haji menuju ke gunung tempat mereka tinggal sampai matahari terbenam.

Selama sepertiga pertama bulan, umat Islam membaca Alquran, dan dzikir.  Memberi sedekah, dan bagi penduduk Makkah, menyediakan perbekalan untuk para jamaah adalah salah satu perbuatan yang paling baik.

Selama haji, jamaah tidak dianjurkan untuk berpuasa karena kesulitan yang mungkin ditemukan beberapa orang dalam melakukan semua prinsip haji.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement