Selasa 05 Jul 2022 12:50 WIB

Meraih Keutamaan Sepuluh Hari Awal Dzulhijjah 

Keutamaan sepuluh hari awal Dzulhijah telah disebutkan dalam Alquran.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Bulan di Tahun Hijriyah. Meraih Keutamaan Sepuluh Hari Awal Dzulhijjah 
Foto: Dom
Ilustrasi Bulan di Tahun Hijriyah. Meraih Keutamaan Sepuluh Hari Awal Dzulhijjah 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepuluh hari di awal bulan Dzulhijjah memiliki banyak keutamaan. Pimpinan Quantum Akhyar Institut Ustadz Adi Hidayat mengatakan isyarat keutamaan sepuluh hari awal Dzulhijjah telah disebutkan dalam Alquran.

وَلَيَالٍ عَشْرٍ# وَالشَّفْعِ وَالْوَتْرِ

Baca Juga

"Dan malam yang sepuluh dan yang genap dan yang ganjil," (Alquran surat Al Fajr ayat 3).

Ibnu Abbas menyampaikan riwayat berkaitan dengan keutamaan sepuluh hari awal Dzulhijjah.

 

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ . يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.

Ustadz Adi Hidayat mengatakan bahwa dari hadits tersebut diketahui bahwa seseorang yang mengerjakan amal saleh pada sepuluh hari awal Dzulhijjah adalah begitu sangat dicintai Allah SWT. Bahkan bisa menyaingi keutamaan jihad fi Sabilillah. 

 

"Saat masuk Dzulhijjah, semua kualitas amal itu berubah naik. Status amalnya menjadi dicintai Allah," kata UAH dalam kajiannya yang ditayangkan di saluran resmi Adi Hidayat Official beberapa hari lalu.

UAH mengatakan setiap bulan memang memiliki keutamaannya tersendiri. Kedudukan setiap bulan pun tidak bisa disamakan dengan bulan lainnya.

photo
Infografis Amalan Khusus di Bulan Dzulhijjah - (Republika.co.id)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement