Rabu 14 Jun 2023 16:17 WIB

Tiga Keutamaan dan Niat Puasa Arafah di Bulan Dzulhijjah

Puasa Arafah di bulan Dzulhijjah hukumnya sunnah muakkadah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Tiga Keutamaan dan Niat Puasa Arafah di Bulan Dzulhijjah. Foto: Ilustrasi Berpuasa
Foto: Prayogi/Republika
Tiga Keutamaan dan Niat Puasa Arafah di Bulan Dzulhijjah. Foto: Ilustrasi Berpuasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 akan segera tiba. Menjelang hari raya kurban ini, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa Arafah, yaitu puasa yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah, yang merupakan hari sebelum Hari Raya Idul Adha.

Puasa Arafah hukumnya sunnah muakkadah. Artinya, puasa ini sangat dianjurkan bagi muslim yang mampu. Namun, puasa ini tidak boleh dilaksanakan oleh jamaah haji yang sedang wukuf. Dalam hadits disebutkan,

Baca Juga

“Rasulullah SAW melarang berpuasa pada hari Arafah bagi yang sedang di Arafah.” (HR Abu Daud, Ibnu Majah Ahmad, dan Nasa’i).

Puasa Arafah juga memiliki banyak keutamaan dalam agama Islam. Berikut tiga keutamaan puasa Arafah di bulan Dzulhijjah:

1. Menghapuskan dosa-dosa

Dengan melakukan puasa Arafah, umat Islam berharap untuk mendapatkan pengampunan dan pembebasan dari dosa-dosa mereka. Karena, Nabi Muhammad SAW bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ

Artinya: “Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharam) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu,” (HR Muslim).

2. Dibebaskan dari Api Neraka

Puasa Arafah adalah ibadah yang dianjurkan dan diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan melaksanakan puasa ini, umat Islam dapat mendekatkan diri mereka kepada Allah SWT dan mendapatkan keridhaan-Nya. Allah SWT juga akan membebaskan siapa saja yang mengamalkannya dari api neraka.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Sesiapa yang berpuasa pada hari Arafah, maka Allah akan membebaskannya dari neraka.” (HR Tirmidzi)

Dalam kitab Lathaif Al Ma’arif Ibnu Rajab al-Hambali juga menjelaskan, hari Arafah adalah hari pembebasan dari api neraka. Pada hari itu, Allah akan membebaskan mereka yang sedang wukuf di Arafah dan penduduk negeri kaum Muslimin yang tidak melaksanakan wukuf. Mereka yang memanfaatkan hari tersebut sebaik-baiknya untuk beribadah dan berbuat kebaikan diharapkan dapat terbebas dari api neraka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement