Kamis 01 Jul 2021 01:45 WIB

Menelusuri Gerakan Sufi di India

Gerakan sufi dimulai di Persia dan berkembang pada abad ke-11.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Tarian sufi (ilustrasi).
Foto:

Tarekat Chisti

Di antara tarekat sufi, yang paling populer di India adalah tarekat Chisti. Itu berasal dari luar India dan pendirinya adalah Khawaja Abdul Chisti. Di India, diperkenalkan oleh Khawaja Muinuddin Chishti.

Muinuddin Chishti lahir di Persia. Dia mengunjungi berbagai tempat belajar Islam di Asia Tengah dan, akhirnya, mencapai India pada 1200 M. Dia menetap di Ajmer dan menjadi sangat populer di seluruh India Utara. Baik orang Hindu maupun Muslim memberi penghormatan kepadanya. Setelah kematiannya, dia dimakamkan di Ajmer. 

Tarekat Suhravardi

Tarekat suhravardi para sufi didirikan oleh Syaikh Shahabuddin Suhravardi di Bagdad. Beberapa muridnya datang ke India dan mengajarkan filsafat tasawuf di sini.  Tarekat Suhravardi para sufi menjadi populer di bagian Barat Laut India.

Orang pertama yang populer dari tarekat Suhravardi adalah Syekh Bahauddin Zakariya yang menetap di Multan. Syekh Bahauddin Zakariya berbeda dari wali Chisti dalam beberapa hal. Dia tidak memperhatikan kesederhanaan. Dia menjalani kehidupan yang nyaman dan menerima kekayaan dan tanah dari murid-muridnya yang kaya. Dia menekankan bentuk eksternal Islam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement