Kamis 03 Jun 2021 05:05 WIB

Cara Nabi Muhammad Memperlakukan Anak Muda

Kharisma dan kepribadian Rasulullah menarik anak-anak, remaja, dan orang dewasa muda.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Cara Nabi Muhammad Memperlakukan Anak Muda
Foto:

Pemuda gua

Surat Al-Kahfi atau Gua menyajikan kisah sekelompok anak muda yang berada di gua untuk melindungi iman dan kehidupan mereka. Kisah ini memberikan inspirasi bagi kaum muda yang berjuang mempertahankan identitas dan agamanya di tengah berbagai cobaan dan kesulitan.

Terlepas dari semua tantangan ekstrem, para pemuda dalam surat ini menunjukkan iman yang teguh. Allah berfirman dalam ayat 13:

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَاَهُمْ بِالْحَقِّۗ اِنَّهُمْ فِتْيَةٌ اٰمَنُوْا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنٰهُمْ هُدًىۖ

“Kami ceritakan kepadamu (Muhammad) kisah mereka dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambahkan petunjuk kepada mereka.”

Imam Ibnu Katsir berkomentar ini adalah para pemuda yang lebih menerima kebenaran dan lebih terbimbing daripada para orang tua yang keras kepala mengatur jalan mereka dan berpegang teguh pada agama kebatilan. Dia menulis, “Untuk alasan yang sama, kebanyakan dari mereka yang menanggapi Allah dan Rasul-Nya adalah orang-orang muda.”

Surat Al-Kahfi berfungsi sebagai permata abadi bagi semua orang hingga akhir zaman, terutama bagi para pemuda. Allah menyukai tindakan para pemuda ini dan mencatat kisah mereka dalam Alquran. Ini menandakan kehormatan yang Tuhan berikan kepada orang-orang muda yang percaya kepada-Nya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement