Sabtu 22 May 2021 05:51 WIB

Langit-langit Megah dari Keajaiban Arsitektur Islam

Kebanyakan dari arsitektur memiliki ciri khas dan keunikan dalam hal arsitekturnya

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Langit-langit Masjid Schwetzingen Jerman.
Foto:

- Mesir: Masjid al-Sultan Barquq, Kairo

Apabila berselancar di internet, bangunan ini sebagian besar dibagikan dengan nama Masjid Al Soltan Qalawoon. Akan tetapi beberapa orang Mesir mengklaim ini adalah Masjid dan Madrasah Sultan Barquq.

Dibuka pada 1386. Nama arsiteknya adalah Shihab al-Din Ahmad ibn Muhammad al Tuluni. Gaya arsitekturnya adalah Bahri Mamluk. Madrasah-Khanqah Sultan Barquq terletak di Jalan El Muiz Li Din Allah di sebelah Masjid dan Madrasah Kamil Ayyub dan Madrasah El Nasir.  

Kompleks ini terdiri dari Khanqah atau rumah sakit untuk siswa Sufi, Madrasah atau sekolah yang menjadi tempat ibadah dan studi Alquran dan petunjuk kenabian, dan sebuah mausoleum berdiri di salah satu sudut Madrasah. Itu didirikan oleh Sultan Barquq yang merupakan Bahri Mamluk pertama yang naik tahta Mesir pada 1382. 

- India: Taj Mahal, Agra

Dibuka pada 1648, nama Arsiteknya adalah Ustad Ahmad Lahouri dan Ustad Isa. Gaya arsitekturnya adalah Mughal Persia. Taj Mahal merupakan mausoleum marmer putih yang terletak di tepi selatan Sungai Yamuna di kota Agra, India. Pada 1632 kaisar Mughal Shah Jahan menugaskan agar tempat itu untuk menampung makam istri kesayangannya yang ke tiga, Mumtaz Mahal.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement