Kamis 29 Apr 2021 01:40 WIB

Nuzulul Quran, Peristiwa Bersejarah Bagi Umat Islam

Nuzulul Qur’an merupakan salah satu peristiwa yang bersejarah Umat Islam.

Rep: Puti Almas/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto:

Peristiwa dan sejarah turunnya Alqur’an tersebut yang hingga kini diperingati umat Islam sebagai malam Nuzulul Qur’an. Ini menjadi malam yang penuh keberkahan, di mana Allah SWT akan melipat gandakan pahala Muslim yang beribadah dan para malaikat juga diyakini turun ke Bumi, memberikan doa kepada mereka. 

Karena itulah, setiap hari selama Ramadhan menjadi waktu istimewa dan memiliki keutamaan bagi umat Muslim di seluruh dunia karena bertepatan dengan saat Alqur’an pertama kali diturunkan. Pada 17 Ramadhan atau Nuzulul Qur’an, kitab suci ini mutlak dianjurkan untuk dibaca dan dikaji sebagai pedoman. 

Amalan bagi umat muslim yang dianjurkan ketika malam Nuzulul Quran yakni mendirikan shalat malam. Selanjutnya ada Itikaf yang juga menjadi salah satu hal yang dianjurkan untuk dilakukan.

Pada dasarnya Itikaf mendekatkan diri kepada Allah SWT serta membentuk perenungan diri. Itikaf berarti juga berzikir kepada Allah SWT. Pada waktu inilah pula Allah SWT membuka pintu mustajab bagi hambanya yang senantiasa berdoa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement