Kamis 29 Apr 2021 01:40 WIB

Nuzulul Quran, Peristiwa Bersejarah Bagi Umat Islam

Nuzulul Qur’an merupakan salah satu peristiwa yang bersejarah Umat Islam.

Rep: Puti Almas/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto:

Nabi Muhammad SAW pergi menuju ke Gua Hira untuk melakukan perenungan, berfikir, memohon petunjuk dan pertolongan dari Allah SWT. Hingga, pada malam 17 Ramadhan turunlah Malaikat Jibril dalam bentuk pemuda yang gagah, menghampiri Rasulullah SAW, seraya berkata 'Ya Muhammad, Iqra (bacalah)’. 

Saat wahyu pertama turun, Rasulullah belum bisa membaca. Karena itulah, Allah SWT memerintah Nabi Muhammad SAW untuk membaca melalui surat Al Alaq yang berarti ‘bacalah’. Setelah ayat 1-5 ini, Alqur;an turun secara bertahap selama kuran lebih 23 tahun. 

Setiap ayat dalam Alqur’an diturunkan menyesuaikan dengan hal yang terjadi, seperti kondisi sosial, kisah-kisah para Nabi terdahulu, hingga hikmah dalam kejadian.

Ayat terakhir yang diturunkan melklui Maialkat Jilbril kepada Nabi Muhammad SAW adalah surat Al-Maidah ayat tiga, yang turun sesudah waktu Ashar pada Jumat di Padang Arafah saat musim haji terakhir. Setelah ayat ini turun, Rasulullah pergi ke Madinah mengumpulkan para sahabat dan memberitahukan bahwa Islam telah sempurna dengan turunnya Al-Qur’an. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement