Kamis 25 Mar 2021 17:09 WIB

Benarkah Nabi Luth Berasal dari Kaum Sodom yang Dilaknat?

Kaum Sodom menentang ajakan dan larangan Nabi Luth

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Kaum Sodom menentang ajakan dan larangan Nabi Luth. Suasana pantai Laut Mati, Yordania.
Foto:

Dalam surat Al-A'raf ayat 80 diterangkan bagaimana dialog Nabi Luth dengan kaum Sodom.

وَلُوطًا إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِ أَتَأْتُونَ الْفَاحِشَةَ مَا سَبَقَكُمْ بِهَا مِنْ أَحَدٍ مِنَ الْعَالَمِينَ "Dan (Kami juga telah mengutus) Luth (kepada kaumnya). (Ingatlah) tatkala dia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu mengerjakan perbuatan faahisyah itu, yang belum pernah dikerjakan oleh seorangpun (di dunia ini) sebelummu?"

Menurut Ustadz Syahrullah, kata fahisyah dalam ayat itu berarti perbuatan yang keji dan sangat menjijikan yaitu perilaku homoseksual di antara kaum Sodom. 

Dan Nabi Luth pun menjelaskan bahwa tidak ada kaum yang pernah melakukan perbuatan keji seperti yang dilakukan kaum Sodom. Karena itu jelas Ustadz Syahrullah, homoseksual itu dimulai dari kaum Sodom. Karena itu dalam petikan ayat selanjutnya disebutkan kaum Sodom adalah kaum musrifun atau kaum yang melampaui batas. Dalam surat An-Naml kaum Sodom disebut dengan kaum tajhalun atau kaum yang bodoh.  

Mendengar pernyataan Nabi Luth itu, sebagian kaum Sodom memprovokasi yang lainnya untuk mengusir Luth dan keluarganya. Kaum Sodom bukan saja menyukai sesama lelaki, melainkan juga senang merampok dan membuat keributan. 

Ustadz Syahrullah menjelaskan Allah SWT kemudian mengutus beberapa malaikat yang menjelma menjadi laki-laki dan bertamu kepada Nabi Luth. Kedatangan para tamu itu pun disambut Nabi Luth. Tetapi Nabi Luth khawatir akan keselamatan tamunya bila diketahui kaum Sodom. 

Akan tetapi istrinya berkhianat dan membocorkan kepada kaum Sodom bahwa ada beberapa lelaki berwajah tampan yang datang ke rumahnya bertamu pada Nabi Luth. Karena itu pula, istri Nabi Luth nantinya mendapat azab bersama orang-orang Sodom.  

Setelah itu datanglah kaum Sodom ke rumah Nabi Luth untuk memaksa para tamu Nabi Luth itu untuk melayani nafsu menyimpang para kaum Sodom. Para tamu itu kemudian memberi tahu Nabi Luth bahwa mereka adalah malaikat utusan Allah. 

Para malaikat itu memberikan pesan kepada Luth agar meninggalkan kaum Sodom di akhir malam beserta keluarganya kecuali istrinya. Malaikat menjelaskan bahwa sesuatu yang akan menimpa kaum Sodom juga akan menimpa istrinya. Malaikat menjelaskan bahwa pada waktu subuh kaum Sodom akan mendapatkan azab. 

Nabi Luth pun mematuhinya, dia bersama anak-anaknya dan beberapa pengikutnya berjalan pada akhir malam. Nabi Luth menggiring dari belakang dan memerintahkan agar keluarganya dan orang-orang yang ikut serta dalam perjalanan itu tidak menoleh ke belakang. 

 

Menurut Ustadz Syahrullah alasannya karena kalau menoleh, orang-orang yang mengikuti Nabi Luth akan tercengang dan perjalananya akan terhenti. Allah pun menurunkan azab kepada kaum Sodom pada subuh hari dengan membalikkan tanah yang ditinggali kaum Sodom dan menghujan mereka dengan batu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement