Senin 21 Aug 2023 07:02 WIB

Detik-Detik Kaum Sodom Ditimpa Azab Hujan Batu 

Kaum Sodom melakukan dosa besar

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Bab-Edh-dhra, lokasi ditemukannya reruntuhan kota Sodom dan Gomoroh
Bab-Edh-dhra, lokasi ditemukannya reruntuhan kota Sodom dan Gomoroh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kaum Sodom yang berlaku maksiat dengan melakukan hubungan sesama jenis ditimpa dengan azab yang pedih. Mereka sama sekali tak menggubris seruan nabi Luth untuk meninggalkan perbuatan maksiat itu dan bertobat kepada Allah SWT serta mengerjakan syariatNya. 

Kisah tentang nabi Luth dan kaum Sodom ini dapat ditemukan dalam beberapa surat dalam Alquran. Di antaranya pada surat Al A'raf, Hud, Al Hijr, As Syu'ara, An Naml, Al Ankabut, As Saffat, dan Al Qamar.

Baca Juga

Nama nabi Luth sendiri disebutkan berulang-ulang dalam Alquran sebanyak 27 kali. Nabi Luth adalah keponakan dari Nabi Ibrahim. Nabi Luth sejatinya bukanlah berasal dari bangsa Sodom. Ia bersama keluarganya ikut serta berhijrah dengan Nabi Ibrahim dan keluarganya ke Syam. Dari Syam, Nabi Luth  mendapatkan perintah Allah untuk pergi bersama keluarganya ke Sodom. 

Sehingga Nabi Luth sejatinya bukan berasal dari kaum Sodom. Nabi Luth itu diutus bukan dari kaumnya, berbeda dengan nabi Hud yang diutus ke kaum Ad dan memang berasal dari kaum Ad, jadi nabi Luth ini bukan golongan dari kaum Sodom.

Sementara itu informasi tentang azab yang akan menimpa kaum Sodom telah diketahui oleh nabi Ibrahim. Malaikat mengabarkan pada nabi Ibrahim bahwa Allah akan menghancurkan kaum Sodom karena perbuatan zalim yang dilakukan mereka. Nabi Ibrahim pun bertanya pada malaikat sebab di wilayah bangsa Sodom ada nabi Luth. Malaikat menjelaskan bahwa Nabi Luth akan diselamatkan bersama keluarganya kecuali istrinya yang akan tertimpa azab bersama kaum Sodom. Dalam surat Al A'raf ayat 80 diterangkan bagaimana dialog nabi Luth dengan kaum Sodom. 

وَلُوطًا إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِ أَتَأْتُونَ الْفَاحِشَةَ مَا سَبَقَكُمْ بِهَا مِنْ أَحَدٍ مِنَ الْعَالَمِينَ

Artinya: Dan (Kami juga telah mengutus) Luth (kepada kaumnya). (Ingatlah) tatkala dia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu mengerjakan perbuatan faahisyah itu, yang belum pernah dikerjakan oleh seorangpun (di dunia ini) sebelummu?" (Alquran surat Al A'raf ayat 80)

Kata fahisyah dalam ayat itu berarti perbuatan yang keji dan sangat menjijikan yaitu perilaku homoseksual di antara kaum Sodom. Dan nabi Luth pun menjelaskan bahwa tidak ada kaum yang pernah melakukan perbuatan keji seperti yang dilakukan kaum Sodom. Karena itu, homoseksual itu dimulai dari kaum Sodom.

Kaum Sodom adalah kaum yang melampaui batas, karena...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement