Jumat 05 Mar 2021 21:09 WIB

10 Kewajiban Umat Islam Era Kemunduran Saat Ini (1) 

Terdapat 10 kewajiban umat Islam hadapi kemunduran saat ini

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat 10 kewajiban umat Islam hadapi kemunduran saat ini. Allah/Ilustrasi

Ketiga, yaitu berprasangka baik baik kepada Allah. Radwan bin Ahmad menjelaskan bahwa umat Islam harus yakin bahwa Allah akan memberikan pertolongan kepada bangsanya dalam kondisi apapun, termasuk saat mengalami penindasan dan kemunduran.  Karena, menurut dia, Allah dan Rasul-Nya telah berjanji tidak akan meninggalkan orang-orang yang beriman. Allah berfirman: 

وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا ۚ يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا ۚ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ “Dia benar-benar mengubah (keadaan) mereka, setelah berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka (tetap) menyembah-Ku dengan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu apa pun. Tetapi barangsiapa (tetap) kafir setelah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS An-Nur: 55).

Keempat, harus mencintai umat Islam. Di era kemundurannya ini, umat Islam harus mencintai umat Islam seperti mencintai dirinya sendiri. Karena itulah salah satu kesempurnaan iman dan menjadi salah satu kekuatan umat Islam. Dari Anas RA, dari Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda: 

والذي نفسي بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره أو قال لأخيه ما يحب لنفسه (متفق عليه)

“Demi Rabb yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah seorang hamba dikatakan beriman (dengan iman yang sempurna) hingga ia mencintai tetangganya—atau saudaranya–sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (Muttafaqun ‘alaih).

Kelima, harus saling menyayangi. Kasih sayang umat Islam dan kasih sayang di antara mereka sendiri adalah bukti ketulusan iman mereka kepada Tuhan dan Rasul-Nya. Allah SWT berfirman:

مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ ۚ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ ۖ  “Muhammad adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia bersikap keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka...”(QS Al-Fath: 29).

Islam telah mengatur terciptanya welas asih dan kebaikan bagi semua Muslim, keselamatan dan kesuksesan bagi semua Muslim dan para pemimpin mereka. Karena itu, umat Islam harus tetap saling menyayangi di era kemunduran ini. 

عَن جَرِيرِ بْنِ عَبْدُ اللَّهِ رضي الله عنه  قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَا يَرْحَمُ اللَّهُ مَنْ لَا يَرْحَمُ النَّاسَ 

Jarir bin ‘Abdillah berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Orang yang tidak menyayangi manusia tidak akan disayangi Allah SWT.” (Shahih Muslim no 2319)

Bersambung..  

 

Sumber: Saaid 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement