Jumat 19 Feb 2021 05:35 WIB

Apakah Puasa Rajab Dianjurkan?

Rajab adalah satu dari empat bulan suci yang Allah sebutkan dalam Alquran.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Apakah Puasa Rajab Dianjurkan? Puasa (Ilustrasi)
Foto:

Menurut Imam Al-Sadi dalam Tafsir al-Sa'di , hal. 373, bahwa dalam frasa "jangan tidak adil terhadap dirimu sendiri tentang mereka" kata ganti 'mereka' dapat dipahami sebagai merujuk pada dua belas bulan. Allah menyatakan Dia telah menjadikan mereka ukuran waktu untuk umat-Nya, yang dapat mereka gunakan untuk menyembah-Nya, dan bersyukur kepada Allah atas berkah-Nya, dan mereka melayani kepentingan umat-Nya, jadi waspadalah terhadap diri Anda sendiri di dalamnya.

"Kata ganti itu juga dapat dipahami merujuk pada empat bulan suci, dan ini melarang orang melakukan kesalahan pada diri mereka sendiri pada bulan-bulan ini khususnya," kata dia.

Namun, mengenai ibadah apa yang dikhususnya pada bulan Rajab, tidak ada hadits otentik yang menunjukkan keutamaan khusus dalam berpuasa seluruh atau sebagian pada bulan ini. Beberapa orang, memilih berpuasa beberapa hari di bulan Rajab, ini tidak memiliki dasar syariah.

Kendati demikian, ada laporan yang menyebutkan Nabi Muhammad SAW menyatakan lebih diutamakan (mustahab) daripada berpuasa pada bulan-bulan suci, salah satunya adalah Rajab. Rasulullah SAW bersabda "Berpuasa pada beberapa hari di bulan suci dan bukan pada hari lainnya," (Abu Dawud, digolongkan sebagai da'if (lemah) oleh Al-Albani dalam Da'if Abi Dawud .

Jadi, ujar Al-Munajjid, jika seseorang berpuasa pada bulan Rajab karena hal ini, dan dia juga berpuasa di bulan suci lainnya, maka dibolehkan. Tetapi jika hanya memilih bulan Rajab untuk puasa, maka tidak benar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement