Selasa 16 Feb 2021 18:00 WIB

Wasiat-Wasiat Rasulullah SAW Beberapa Hari Jelang Wafat

Rasulullah menyampaikan sejumlah wasiat jelang wafat

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah menyampaikan sejumlah wasiat jelang wafat. Rasulullah SAW (ilustrasi)
Foto:

Adapun ketika sudah mendekati ajal, maka hendaknya seorang Muslim membatasi dirinya pada harapan. Dan perlu berprasangka baik pada Allah SWT sambil berharap segala dosanya mendapat ampunan.

Ketiga, Rasulullah SAW berpesan agar umatnya tetap menjaga sholat. Saking pentingnya sholat, Nabi SAW pun mengingatkan agar tidak meninggalkan sholat. Bahkan beliau sampai menyebut beberapa kali kata sholat sebagai bentuk penekanan.

Hal itu seperti dalam Hadits riwayat Ahmad, Abu Daud, dan Ibnu Majah, yang dinilai shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami'. Nabi Muhamamd SAW menyampaikan wasiat tentang sholat menjelang wafatnya. Wasiat ini disampaikan melalui Ali bin Abi Thalib: 

كان آخر كلام النبي صلى الله عليه وسلم: الصلاة الصلاة، وما ملكت أيمانكم "Kata-kata terakhir Rasulullah SAW, 'sholatlah, sholatlah. Dan takutlah kalian kepada Allah atas hak-hak hamba sahaya kalian.”  

Hal itulah yang menunjukkan betapa pentingnya ketaatan dengan menunaikan shalat. Sebab menjelang wafat, Nabi SAW tetap memerintahkan untuk menunaikan sholat.

Selanjutnya, yang keempat, lima hari menjelang wafat, Rasulullah SAW berniat menuliskan secara rinci kepada para sahabat agar kelak tidak terjadi perselisihan dan supaya mereka tidak tersesat selama berpegang teguh dengannya. Namun niat Nabi SAW tidak disetujui para sahabat, termasuk Umar bin Khattab.

Hal itu dapat diketahui dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim dari jalur Abdullah bin Abbas. Dalam hadits ini disebutkan bahwa Umar menyampaikan kepada Nabi SAW, "Wahai Rasulullah, engkau sedang sakit dan engkau sudah punya Alquran..." 

Mengetahui adanya perbedaan pendapat di kalangan Sahabat terkait niatnya menulis itu, Rasulullah SAW pun bersabda: 

"Bebaskan aku (dari perselisihan). Apa yang ada padaku lebih baik dari yang ada pada kalian. Saya wasiatkan kepada kalian tiga hal. Pertama, singkirkan kelompok musyrik dari Jazirah Arab. Kedua, terima dan perlakukan utusan yang datang kepada kalian sebagaimana aku menerima dan memperlakukan para utusan itu." (HR Muslim dari Abdullah bin Abbas)

 

Sumber: islamweb

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement