Rabu 10 Feb 2021 05:25 WIB

Kapan Orang Tua Harus Berhenti Telanjang di Depan Anak?

Kapan orang tua harus berhenti telanjang di depan anak?

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Kapan Orang Tua Harus Berhenti Telanjang di Depan Anak?
Foto:

Dalam tafsir Al-Mukhtashar dari Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Shalih bin Abdullah bin Humaid, ayat ini berarti jika anak-anak telah mencapai usia baligh, maka ajarilah mereka adab meminta izin. Agar mereka meminta izin sebelum memasuki ruangan orang tua setiap saat, sebagaimana telah diwajibkan bagi orang-orang yang telah baligh sebelumnya.

Dalam ayat ini kita dapat melihat “ketika anak-anak di antara kamu sudah dewasa” yang berarti anak-anak yang telah mencapai usia kesadaran ini, mungkin pra-remaja, pubertas. Dan menurut beberapa ulama pada usia empat tahun seorang anak mulai mengembangkan kesadaran ini.

Terkait suami yang menginginkan waktu lebih intim, waktu berduaan dengan istrinya, maka hal itu disebutnya wajar. Karena sebelum anak lahir, kedekatan pasangan sangat erat.

"Perasaan saya bahwa suami Anda merindukan kedekatan yang dia dan Anda bagi bersama. Dan karenanya, ia meminta agar bayi Anda tidur di tempat tidurnya sendiri dan Anda juga tidak mandi dengan bayi. Ia merindukan tidur dengan Anda sendirian serta memiliki waktu yang lebih intim hanya dengan Anda dan dia," kata Aisha.

Karena alasan itu, ia menuturkan sangat penting berupaya mempertahankan keintiman, kedekatan, dan waktu berdua saat sudah memiliki anak. Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk anak dan melupakan waktu dengan pasangan dapat menimbulkan jarak dan luka dalam pernikahan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement