Kamis 21 Jan 2021 04:45 WIB

15 Nama-Nama Surga yang Diabadikan dalam Alquran

Alquran mengabadikan beberapa nama surga

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran mengabadikan beberapa nama surga. Ilustrasi Surga
Foto:

4. Surga 'Adn, yang berarti tempat tinggal permanen. Hal ini didasarkan pada firman Allah SWT: 

جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدَ الرَّحْمَٰنُ عِبَادَهُ بِالْغَيْبِ ۚ إِنَّهُ كَانَ وَعْدُهُ مَأْتِيًّا  "Yaitu Surga 'Adn yang telah dijanjikan Tuhan Yang Mahapemurah kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (surga itu) tidak tampak. Sesungguhnya janji Allah itu pasti akan ditepati." (QS Maryam: 61).

5. Surga Na'im. Disebut dengan nama ini karena keberkahan yang dikandungnya, dan apa yang diinginkan oleh jiwa-jiwa yang mengharapkan makanan, minuman, pakaian, penampilan yang baik dan tempat tinggal yang luas. Nama tersebut meliputi kebahagiaan lahir dan batin. Nama ini muncul pada surat Lukman Ayat 8: 

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ  “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan,”

6. Darul Qarar, yang berarti tempat yang kekal. Allah SWT berfirman: 

يَا قَوْمِ إِنَّمَا هَٰذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَإِنَّ الْآخِرَةَ هِيَ دَارُ الْقَرَارِ  "Wahai kaumku! Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal." (QS  Ghafir: 39)  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement