Kamis 21 Jan 2021 04:45 WIB

15 Nama-Nama Surga yang Diabadikan dalam Alquran

Alquran mengabadikan beberapa nama surga

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran mengabadikan beberapa nama surga. Ilustrasi Surga
Foto:

7. Darul Muttaqin, adalah surga yang menjadi hadiah bagi orang-orang yang bertakwa pada Allah SWT dengan menjauhkan dirinya dari perbuatan antara lain syirik dan munafik. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT pada Surat An-Nahl ayat 30: 

لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۚ وَلَدَارُ الْآخِرَةِ خَيْرٌ ۚ وَلَنِعْمَ دَارُ الْمُتَّقِينَ “Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (pembalasan) yang baik. Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa.”

8. Firdaus. Surga Firdaus adalah nama yang diberikan untuk semua surga dan disebut sebagai Surga yang terbaik dan tertinggi. Asal-usul kata surga mengacu pada taman, dan Firdaus ditujukan kepada orang-orang beriman monoteistik. Allah SWT berfirman: 

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal." (QS Al-Kahfi: 107)

9. Al-Husna. Al-Hasan adalah surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT: 

 لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا الْحُسْنَىٰ وَزِيَادَةٌ ۖ وَلَا يَرْهَقُ وُجُوهَهُمْ قَتَرٌ وَلَا ذِلَّةٌ ۚ أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

"Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya (kenikmatan melihat Allah). Dan wajah mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) dalam kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya." (QS Yunus: 26)

10. Darussalam. Ini adalah tempat tinggal keabadian dan tempat suci yang kekal. Allah SWT berfirman: 

وَاللَّهُ يَدْعُو إِلَىٰ دَارِ السَّلَامِ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ "Dan Allah menyeru (manusia) ke Darus-salam (surga), dan memberikan petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus (Islam)." (QS Yunus: 25) 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement