Kamis 21 Jan 2021 04:45 WIB

15 Nama-Nama Surga yang Diabadikan dalam Alquran

Alquran mengabadikan beberapa nama surga

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran mengabadikan beberapa nama surga. Ilustrasi Surga
Foto:

11. Darul Muqomah. Nama ini berarti tempat yang kekal dan abadi. Allah SWT berfirman: 

الَّذِي أَحَلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِنْ فَضْلِهِ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ "Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu." (QS Fathir: 35)

12. Al-Maqoom Al-Amin. Nama ini mengacu pada tempat yang aman sehingga setiap orang yang ada di dalamnya terhindar dari kemalangan dan marabahaya. Hal ini seperti dalam surat Ad-Dukhan ayat 51: 

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي مَقَامٍ أَمِينٍ “ Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.”  

13. Al-Ghurfah. Maksud dari tempat hunian tertinggi di Surga adalah pahala bagi orang-orang beriman atas kesabaran mereka. Allah SWT berfirman: 

أُولَٰئِكَ يُجْزَوْنَ الْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوا وَيُلَقَّوْنَ فِيهَا تَحِيَّةً وَسَلَامًا "Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya.” (QS Al-Furqan: 75).

14. Maq'adi Sidqi. Hal ini mengacu sebagaimana firman Allah SWT:  

فِي مَقْعَدِ صِدْقٍ عِنْدَ مَلِيكٍ مُقْتَدِرٍ "Di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Berkuasa." (QS Al-Qomar: 55)

15. Darul Hayawan, yang berarti tempat tinggal kehidupan yang kekal di mana tidak ada kematian. Allah SWT berfirman:  

وَمَا هَٰذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ ۚ وَإِنَّ الدَّارَ الْآخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُ ۚ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ "Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui." (QS Al-Ankabut: 64)

 

Sumber: https://mawdoo3.com/%D9%85%D8%A7_%D9%87%D9%8A_%D8%A3%D8%B3%D9%85%D8%A7%D8%A1_%D8%A7%D9%84%D8%AC%D9%86%D8%A9#cite_note-Gqyv4tDt69-22  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement