Selasa 19 Jan 2021 17:05 WIB

Cara Cerdas Ratu Bilqis Lawan Kudeta Amr bin Abrahah

Ratu Bilqis terkenal dengan kepiawaiannya memimpin.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Cara Cerdas Ratu Bilqis Lawan Kudeta Amr bin Abrahah
Foto:

Ratu Bilqis yang diserang dengan pasukan mumpuni itu pun tak mampu menahan serangannya sehingga ia melarikan diri, namun sayangnya berhasil ditangkap. Usai ditangkap, Ratu Bilqis pun didudukkan di meja Khamer dengan tujuan ia akan dicekokinya sampai mabuk.

Sehingga ketika mabuk, Amr bin Abrahah dapat berleluasa melucuti kehormatannya sebagaimana yang sering ia lakukan kepada para putri kerajaan lainnya. Namun, Ratu Bilqis adalah wanita cerdas.

Begitu melihat Amr mabuk, ia berpura-pura mengambil sedikit khamr. Padahal tujuannya mengeluarkan sebilah pisau yang disembunyikan di balik rambutnya. Maka tanpa berpikir panjang, ia pun menyembelih Amr yang sedang mabuk.

Sejak saat itu ia memproklamasikan diri sebagai Ratu Kerajaan Saba. Maka setelah kerajaannya telah berdiri tegak, Ratu memutuskan mengerahkan pasukan besar ke wilayah Makkah dan menguasainya.

Dari situ, pasukannya bertolak ke Babil, Nahawand, dan Azerbeizan untuk mengekspansi wilayah-wilayahnya. Setelah misi ekspansinya berhasil, Ratu Bilqis dan pasukannya pun kembali ke Yaman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement