Selasa 19 Jan 2021 17:05 WIB

Cara Cerdas Ratu Bilqis Lawan Kudeta Amr bin Abrahah

Ratu Bilqis terkenal dengan kepiawaiannya memimpin.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Cara Cerdas Ratu Bilqis Lawan Kudeta Amr bin Abrahah
Foto:

Kerajaan Ratu Bilqis

Setelah suasana kerajaannya semakin jernih, Ratu Bilqis mulai mengerjakan proyek-proyek besar di kerajaannya dengan tujuan kemakmuran rakyat. Di antaranya adalah proyek bendungan Ma’rib, membangun istana megah yang lebih dikenal dengan nama Istana Bilqis, mendirikan bangunan-bangunan tinggi, termasuk mendirikan singgasana dari emas yang dipadukan dengan permata dan batu-batu mulia lainnya.

Tak hanya itu, Ratu Bilqis juga membentuk dewan permusyawaratan yang beranggotakan 312 orang. Masing-masing anggota membawahi 10 ribu orang laki-laki yang dikenal kesucian diri dan keluhurannya.

Maka layaknya ratu pada umumnya, Ratu Bilqis pun memiliki pengawal dan para pelayan. Baik dari kalangan pria maupun wanita. Saat itu, Ratu Bilqis masih seorang gadis alias belum menikah sebelum akhirnya lumrah diketahui setelah itu ia menikah dengan Nabi Sulaiman bin Dawud.

Kisah pertemuan Ratu Bilqis dan Nabi Sulaiman pun bahkan diabadikan Alquran. Kisah cinta keduanya sangat menarik sebab secara tidak langsung mereka dipertemukan oleh burung Hud-Hud yang saling beterbangan melirik kerajaan masing-masing yang unik dan megah.

Di satu sisi kerajaan Ratu Bilqis yang megah, di sisi lain kerajaan Nabi Sulaiman pun megah dan unik dengan bala tentaranya tak hanya dari kalangan manusia, tapi dari kalangan binatang hingga jin. Keduanya pun akhirnya berjodoh sebagaimana yang kerap dituliskan dalam literatur sejarah Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement