Senin 11 Mar 2024 14:14 WIB

Agar Teknologi tak Berdampak Negatif

Menyikapi Perkembangan Teknologi dalam Pandangan Islam

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Teknologi AI (ilustrasi)
Foto:

Ketiga, menyebarkan informasi yang baik.

Menyebarkan informasi yang baik adalah suatu tindakan yang memiliki dampak positif dalam masyarakat. Ketika memilih untuk menyebarkan informasi yang bermanfaat, secara tidak langsung kita turut berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih baik dan berbudaya.

Adapun manfaat dari menyebarkan informasi yang baik di media sosial di antaranya membangun kesadaran, menginspirasi dan mendorong seseorang untuk hal-hal yang baik, dan mengurangi penyebaran misinformasi. 

Dalam hadis dari sahabat Uqbah bin Amr bin Tsalabah radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: 

من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya. (HR. Muslim). 

Keempat, menjaga lisan dalam mengatakan sesuatu

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

عليك بطول الصمت فإنه مطردة الشيطان وعون لك علي أمر دينك

Hendaklah engkau lebih banyak diam, sebab diam dapat menyingkirkan setan dan menolongmu terhadap urusan agamamu. (HR. Ahmad). 

 

Oleh karena itu, dalam hadis di atas diperintahkan untuk umat Muslim menjaga lisannya dalam berkata. Sebab, menjaga lisan ini dapat mencegah fitnah dan gosip, menciptakan lingkungan yang positif, dan menghindari diri dari dosa. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement