Rabu 06 Mar 2024 17:25 WIB

Empat Hikmah Keajaiban Penciptaan Alam

Penciptaan alam merupakan tanda meningkatkan keimanan setiap orang.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi ciptaan Allah yang indah dan penuh makna.
Foto:

Kedua, syahwat

Syahwat dalam Islam merujuk pada dorongan atau keinginan manusia terhadap sesuatu. 

Allah berfirman dalam Surat ai Imran ayat 14, yang berbunyi:

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ ٱلشَّهَوَٰتِ مِنَ ٱلنِّسَآءِ وَٱلْبَنِينَ وَٱلْقَنَٰطِيرِ ٱلْمُقَنطَرَةِ مِنَ ٱلذَّهَبِ وَٱلْفِضَّةِ وَٱلْخَيْلِ ٱلْمُسَوَّمَةِ وَٱلْأَنْعَٰمِ وَٱلْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَٰعُ ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا ۖ وَٱللَّهُ عِندَهُۥ حُسْنُ ٱلْمَـَٔابِ

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (Q.S Ali Imran: 14) 

Allah SWT memberikan manusia rasa kecintaan terhadap sesuatu sesuai dengan surat Ali Imran ayat 13. Namun, manusia perlu mengontrol rasa tersebut agar tetap dijalan yang benar. 

Allah ta’ala menciptakan manusia dengan disertai syahwat. Adanya syahwat pada diri manusia tidak sia-sia,  akan tetapi terdapat faedah dan manfaat di dalamnya. Bahkah jika manusia tidak memiliki syahwat (selera) makan, misalnya, kemudian dia tidak makan, sehingga akan menyebabkan dirinya binasa. Demikian juga jika manusia tidak memiliki syahwat terhadap lawan jenis, maka keturunan dapat menjadi terputus. 

Meskipun Allah SWT memenuhi kebutuhan manusia dengan memperbolehkan melakukan sesuatu yang ia cintai, tapi bukan berarti setiap hawa nafsunya harus selalu diikuti. 

Umat Muslim perlu membatasi setiap hawa nafsu yang datang pada dirinya sendiri. Jika hal tersebut termasuk dalam hal kebaikan yang diridhoi Allah, maka hal itu masih bisa dilaksanakan.  

Dengan demikian, mengontrol syahwat ini menjadi salah satu bentuk potensi manusia dalam hal kebaikan.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement