Sabtu 02 Mar 2024 22:48 WIB

Selalu Ingat Allah dalam Berbagai Keadaan

Pentingnya menggantungkan hati hanya kepada Allah SWT

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Seorang Muslim sedang berdoa (ilustrasi). Islam tidak mengenal hukum karma, namun Islam meyakini bahwa perbuatan manusia pasti akan menghasilkan balasan yang setimpal.
Foto:

Sebab, semua takdir itu baik. Yang menjadikan takdir itu buruk adalah pikiran kita sendiri. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:  

عَجِبْتُ لِلْمُؤْمِنِ، إِنَّ اللهَ لاَ يَقْضِي لِلْمُؤْمِنِ قَضَاءً إِلَّا كَانَ خَيْرًا لَهُ

Aku begitu takjub pada seorang mukmin. Sesungguhnya Allah tidaklah menakdirkan sesuatu untuk seorang mukmin melainkan pasti itulah yang terbaik untuknya.” (HR. Ahmad). 

Allah SWT, memberikan takdir yang jelek kepada manusia bukan semata-mata karena Allah membencinya. Melainkan itu yang dinamakan ujian, dan selalu ada hikmah disetiap takdir yang Allah berikan. 

Allah SWT berfirman:  

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216).

Allah SWT mengetahui segala sesuatu yang baik untuk hamba-Nya. Maka, jika ada suatu keinginan dari manusia yang tidak menjadi takdirnya, bisa jadi itu adalah sesuatu yang buruk dimata Allah. Sehingga Allah tidak mentakdirkan hal tersebut kepada hamba-Nya. 

 

Maka dalam hal, penting untuk setiap manusia menggantungkan hatinya hanya kepada Allah. Karena  Allah adalah sumber kekuatan, cinta, dan kebijaksanaan yang tak terbatas. Mengarahkan hati kepada-Nya memberikan kedamaian, arah, dan makna dalam hidup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement