Sabtu 13 Jan 2024 03:09 WIB

8 Peristiwa Penting di Bulan Rajab, Salah Satunya Pembebasan Baitul Maqdis

Pada bulan ini, dilarang berperang dan pintu Ka'bah dibuka.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem.
Foto:

Peristiwa Perang Tabuk terjadi di sebuah kota yang terletak di antara lembah al-Qura dan Syam, jarak antara Tabuk dan Madinah mencapai 778 kilo meter. Saat itu, kaum Muslimin berperang melawan pasukan dari kaum Romawi

6. Wafatnya Imam Syafi'i

Salah satu dari empat Imam Sunni dan pendiri Mazhab Syafi'i, yaitu Imam Syafi'i menghembuskan nafas terakhirnya pada malam Jumat terakhir bulan Rajab tahun 204 H dalam usia 54 tahun. Beliau dimakamkan di Mesir.  

7. Wafatnya Khalifah Umar bin Abdul Aziz

Khalifah Umar bin Absul Aziz meninggal dunia dalam usia 39 tahun pada 20 Rajab tahun 101 H. Dalam buku "Biografi Umar bin Abdul Aziz Khilafah Pembaru dari Bani Umayyah", Ali Muhammad Ash-Shallabi menjelaskan, Khalifah Umar bin Abdul Aziz wafat pada hari Jumat di kediaman Sam'ah, wilayah Ma'rah, di negeri Syam.

8. Pembebasan Baitul Maqdis

Pendiri sebuah dinasti Sunni di Mesir dan sekaligus pahlawan Islam dalam Perang Salib, Sultan Salahuddin Al-Ayyubi berhasil membebaskan Baitul Maqdis, Palestina pada 27 Rajab 583 Hijriyah. Sultan Salahuddin Al Ayyubi berhasil membebaskan Baitul Maqdis dengan menyatukan barisan kaum Muslimin yang berada di selatan (Mesir) dan Utara (Syam) di bawah satu kepemimpinan Dinasti Ayyubiyah.

Peristiwa bulan Rajab dalam infografis...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement