Sabtu 13 Jan 2024 03:09 WIB

8 Peristiwa Penting di Bulan Rajab, Salah Satunya Pembebasan Baitul Maqdis

Pada bulan ini, dilarang berperang dan pintu Ka'bah dibuka.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem.
Foto: EPA-EFE/MANUEL DE ALMEIDA
Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Rajab termasuk salah satu bulan yang utama dalam Islam. Di bulan suci ini, banyak umat Islam yang melakukan ibadah dan amal baik. Selain itu, di bulan Rajab ini juga banyak terjadi peristiwa penting dalam sejarah Islam.

Bulan Rajab adalah bulan ke-7 dalam tahun hijriyah yang berarti mulia. Berdasarkan catatan sejarah, bulan Rajab dimuliakan orang Arab dengan menyembelih anak unta pertama dari induknya.

Baca Juga

BACA JUGA: Empat Kapal Perang Asing Kibarkan Merah Putih di Laut Mediterania

Pada bulan ini, dilarang berperang dan pintu Ka'bah dibuka. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW mengenai bulan Rajab, “Bulan Rajab adalah bulan Allah yang besar dan bulan kemuliaan. Di dalam bulan ini, perang dengan orang kafir diharamkan. Rajab adalah bulan Allah, Sya'ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku."

 

Berdasarkan keterangan dalam buku Mengenal Nama Bulan dalam Kalender Hijriah terbitan Balai Pustaka dan sumber lainnya, berikut peristiwa-peristiwa bersejarah pada bulan Rajab.

Peristiwa Penting di Bulan Rajab

1. Bulan Kelahiran Ali bin Abi Thalib

Khalifah keempat dalam sejarah Islam, Ali bin Thalib lahir pada bulan Rajab, tepatnya pada 13 Rajab 23 SH atau bertepatan dengan tahun 599 Masehi. Ini adalah 32 tahun setelah kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement