Sabtu 13 Jan 2024 03:09 WIB

8 Peristiwa Penting di Bulan Rajab, Salah Satunya Pembebasan Baitul Maqdis

Pada bulan ini, dilarang berperang dan pintu Ka'bah dibuka.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem.
Foto:

2. Wafatnya Tabib Muslim Terkemuka

Ahli flora dan tabib terkemuka muslim, Rasyidudin Shuwari meninggal dunia pada 1 Rajab 639 Hijriah. Pada masa mudanya, dia melakukan perjalanan ke berbagai tempat dalam rangka mencari ilmu. Dia sangat menitikberatkan perhatian terhadap penelitian tanaman obat, dan hal ini yang menjadi keistimewaan dari Shuwari. Banyak peneliti yang menyatakan Shuwari adalah peletak dasar keilmuan tanaman obat.

3. Nabi Muhammad dalam Kandungan

Siti Aminah mulai mengandung janin Nabi Muhammad pada bulan Rajab. Setelah mengandung selama sembilan bulan, pada bulan Rabi’ul Awal Sayyidah Aminah melahirkan. Kelahirannya Nabi paling agung ini merupakan rahmat yang Allah hadiahkan kepada alam semesta.

4. Peristiwa Isra' Mi'raj

Pada 27 Rajab, terjadi peristiwa Isra’ dan Mi’raj, salah satu mukjizat terbesar yang Allah anugerahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Peristiwa bersejarah ini merupakan perjalanan di mana Nabi Muhammad SAW menerima perintah sholat lima waktu, yang kini menjadi ibadah wajib umat Islam.

5. Perang Tabuk

Perang Tabuk juga terjadi pada bulan Rajab, tepatnya pada hari kesepuluh bulan Rajab tahun 9 H atau sekitar bulan September-Oktober 630 M. Perang Tabuk menjadi perang terakhir yang diikuti oleh Nabi Muhammad SAW.

Peristiwa Perang Tabuk...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement