Jumat 12 Jan 2024 15:55 WIB

Memaknai Dosa Kecil, Rezeki, dan Musibah

Jika kamu mendapatkan yang sedikit, maka kamu jangan melihat sedikitnya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Supermoon terbit di belakang menara masjid di Beirut, Lebanon, Selasa (1/8/2023).
Foto:

Hal ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW ketika menjawab pertanyaan malaikat Jibril pada waktu beliau sedang sakit, "Apakah yang kamu rasakan terhadap dirimu?" Nabi Muhammad SAW menjawab, "Wahai Jibril, saya merasa gelisah dan sedih."

Mengenai siapa Uzair, Ibnu Katsir berpendapat bahwa yang masyhur mengatakan Uzair adalah seorang Nabi yang diutus oleh Allah kepada Bani Israil. Nabi Uzair hidup pada masa antara Nabi Daud dan Nabi Sulaiman, juga antara Nabi Zakaria dan Nabi Yahya.

Prof KH Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah, dalam menafsirkan Surat at-Taubah Ayat 30 menjelaskan bahwa Uzair adalah salah seorang ulama Yahudi. Uzair termasuk tawanan yang dibebaskan oleh Kursy Raja Persia dan diperbolehkan kembali ke Yerusalem pada tahun 451 SM. Uzair adalah tokoh agamawan Yahudi yang berhasil menghimpun kembali kitab suci Yahudi setelah sebelumnya lenyap.

Karena kedudukannya itulah sehingga orang-orang Yahudi menamai Uzair sebagai penghormatan dengan sebutan "anak Allah." Kemudian ini berkembang sehingga akhirnya dipercaya oleh sebagian mereka bahwa Uzair sebagai anak Allah dalam pengertian hakiki. Walaupun kepercayaan itu hanya dianut oleh sebagian Yahudi, tetapi karena sebagian yang lain tidak membantah atau meluruskannya, maka mereka semua dianggap menyetujui keyakinan sesat itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement