Ahad 24 Dec 2023 13:33 WIB

Karyawan Hotel dan Toko Pakai Atribut Natal, Komisi Fatwa MUI Jelaskan Hukumnya

Umat Muslim tidak boleh menyerupai tradisi agama lain.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Pekerja menghias pohon Natal yang dijual di Pasar Atom, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (21/12/2021).
Foto:

Kiai Muiz mengatakan menyerupai non-Muslim sendiri bisa dalam bentuk ucapan atau perbuatan. Menurut dia, hukumnya tergantung pada tujuannya.

"Hukum menyerupai non-Muslim tergantung pada tujuanya; bisa makruh, bisa haram dan bahkan memakai atribut natal bisa kufur," kata Kiai Muiz.

حاصل ما ذكره العلماء في التزيي بزيّ الكفار أنه إمّا أن يتزيّا بزيّهم ميلا إلى دينهم وقاصدا التشبه بهم في شعائر الكفر أو يمشي معهم إلى متعبداتهم فيكفر بذلك فيهما وإمّا أن لا يقصد كذلك بل يقصد التشبه بهم في شعائر العيد أو التوصل إلى معاملة جائزة معهم فيأثم. وإما أن يتّفق له من غير قصد فيكره كشدّ الرداء في الصلاة.

“Kesimpulan yang telah dijelaskan oleh para ulama dalam permasalahan berbusana dengan busana orang-orang kafir, bahwa seseorang adakalanya memakai busana mereka karena condong kepada agama mereka dan bertujuan menyerupai mereka dalam syiar kekufurannya atau berangkat bersama mereka pada tempat ibadah mereka maka ia menjadi kafir dengan melakukan hal ini. Adakalanya ia tidak bertujuan seperti itu namun ia bertujuan menyerupai mereka dalam syiar hari raya atau sebagai media agar dapat berkomunikasi dengan baik dengan mereka, maka ia berdosa dengan melakukan hal demikian. Adakalanya pula ia memakai pakaian yang sama dengan orang non-Muslim tanpa adanya tujuan menyerupai mereka maka hal ini dimakruhkan, seperti mengikat selendang dalam shalat.” (Abdurrahman bin Muhammad Ba’lawy, Bughyah al-Mustarsyidin, Hal. 529).

Walhasil, tambah Kiai Muiz, meskipun atas nama toleransi dalam beragama, bagi umat Muslim tidak boleh menyerupai tradisi agama lain, termasuk memakai pakaian atau menggunakan atribut natal lainnya.

"Dan bagi pemeluk agama lain atau pemilik usaha perhotelan atau pertokoan tidak boleh memberikan aturan harus menggunakan pakaian natal bagi karyawan yang beragama Islam," kata Kiai Muiz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement