Sabtu 16 Dec 2023 08:22 WIB

Kisah Mukhairiq, Rabi Yahudi Pembela Rasulullah dalam Perang Uhud

Di antara kisah Mukhairiq, ia adalah seorang rabi, alim, dan kaya.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto:

Padahal perilaku mereka mencerminkan kemunafikan. Hawa nafsu mereka bersama orang-orang Yahudi karena sebenarnya mereka mendustakan Nabi SAW dan mengingkari Islam.

Para rabi Yahudi saat itu adalah orang-orang jahat yang memusuhi Rasulullah dan para sahabatnya. Mereka juga banyak bertanya dan mengobarkan kejahatan kepada Islam, kecuali Abdullah bin Salam dan Mukhairiq.

Di antara kisah Mukhairiq, ia adalah seorang rabi dan alim. la kaya raya dan memiliki banyak harta berupa pohon kurma. Ia mengetahui nubuwah Rasulullah berikut ciri-cirinya berdasarkan pengetahuannya. Sayangnya, ia terlalu mencintai agamanya dan tetap berpegang padanya.

Suatu ketika Perang Uhud meletus dan secara kebetulan perang ini terjadi pada hari Sabtu. Ia berkata, "Saudara-saudara Yahudi, kalian pasti sudah tahu bahwa kemenangan Muhammad atas diri kalian sudah pasti.” Orang-orang Yahudi berkata, "Sesungguhnya, hari ini adalah hari Sabtu."

Mukhairiq berkata, "Tidak ada hari Sabtu bagi kalian!" la mengambil senjatanya lalu keluar menyongsong Rasulullah di Uhud. la berjanji kepada kaumnya yang berada di belakangnya, "Jika hari ini aku tewas, seluruh hartaku menjadi milik Muhammad. Ia boleh melakukan apa yang diperintahkan Allah kepadanya.”

Kemudian, perang pun berkecamuk...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement